10 Istilah Penting Pada Permainan Futsal

sepatu-futsal.com – Permainan yang sudah ada sejak tahun 1930 ini dan dikenalkan oleh Juan Carlos Ceriani dari Uruguay mulai dilirik oleh banyak pecinta olahraga. Futsal sendiri di Indonesia mulai difavoritkan khususnya oleh warga Indonesia. 

Bentuk permainannya pun hampir sama layaknya sepakbola, tetapi segi ukuran lapangan, jumlah pemain, dan aturannya pun sedikit berbeda. 

Menariknya walaupun permainannya hampir sama dengan sepakbola yang menggunakan kaki dan memperebutkan satu bola, permainan ini mempunyai beberapa istilah. Nah, bagaimana dengan Anda sendiri sudah paham kah? Untuk itu, melalui artikel ini kami akan membahas 10 istilah yang ada di permainan futsal. 

Istilah-Istilah Permainan Futsal

Berikut ada beberapa istilah yang harus dipahami oleh pemain futsal, sebenarnya tidak begitu sulit untuk memahaminya, diantaranya sebagai berikut :

Play On

Istilah ini dikhususkan oleh wasit dan keputusannya mutlak untuk diberikan, tanpa ada protes dari pihak manapun. Play on sendiri memiliki istilah bahwa pertandingan tetap berlangsung, walaupun ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemain futsal. 

istilah play on dalam futsal

Keputusan ini hanya diberikan oleh pengawal pertandingan atau wasit dan harus dipatuhi, karena hal ini murni keputusan dari wasit itu sendiri. Pada prosesnya, keputusan ini sah-sah saja diberikan oleh wasit dan didasarkan pada beberapa pertimbangan. Terkadang keputusan ini bisa menguntungkan pihak lawan ataupun sebaliknya. 

One On One

Mengenal istilah one on one, dimana satu pemain berhadapan dengan kiper lawan dan sudah tidak ada pemain bertahan yang membantu ikut menyerang. Dengan kata lain, hanya terdapat satu pemain lawan dan satu kiper yang saling berhadapan. Hal tersebut dapat disebut atau dikenal sebagai one on one. 

Control

Kemampuan pemain untuk dapat melakukan kontrol bola yang didapatkan dari bola rekannya, control sendiri salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemain futsal. Istilah control sendiri ada dalam sepak bola dan senada istilah ini dikenal juga pada permainan futsal. Kemampuan control sangat penting untuk dimiliki, apabila tidak bisa mengontrol ritme bola, maka pemain lawan akan dapat dengan mudah untuk merebutnya.

Baca Juga : Olahraga Futsal dan Keuntungan Pemain Profesional

Knee Pad

Knee pad adalah alat yang digunakan oleh kiper untuk dapat melindungi lutut dari cidera dan gesekkan pada lapangan futsal.

kneepad pada kiper di futsal

Hal ini sangat penting untuk dipersiapkan, terkadang lapangan futsal menggunakan rumput sintetis dan memiliki tekstur kasar, untuk itu perlunya dilindungi oleh alat knee pad ini. Melengkapi diri dengan berbagai perlindungan sangat penting untuk dilakukan, selain itu pilih alat-alat yang berkualitas, ringan, dan nyaman digunakan.

Finger Tape

Ini salah satu peralatan yang dimiliki oleh kiper, selain knee pad alat satu ini juga berfungsi sebagai bentuk perlindungan. Fungsinya melindungi jari ketika kiper tidak menggunakan sarung tangan, alternatifnya dapat menggunakan finger tape. 

Elbow Pad

Kiper salah satu pemain yang memiliki banyak alat, karena memang tugas dari seorang kiper untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Sehingga, tidak heran kalau kiper memiliki keperluan alat yang berfungsi untuk melindungi dirinya dari berbagai cedera. Elbow pad salah satu alat yang berguna dan berfungsi untuk melindungi siku apabila pas menangkap bola. 

Kick off

Menariknya pada permainan futsal itu, istilah kick off bukan berarti hanya dilakukan pas awal sampai akhir pertandingan saja. Tetapi, kick off pada permainan futsal dilakukan untuk mengawali permainan dan terjadinya gol. Proses nya pun tinggal meletakkan bola di tengah lapangan. Kick off akan dimulai apabila sudah dilakukan tendangan dan memulainya dari tengah lapangan. 

Time Out

Istilah dari time out adalah salah satu permintaan dari pelatih untuk tim yang sedang bertanding dengan meminta waktu istirahat atau break sementara untuk timnya. Waktu nya pun diberikan hanya berlangsung satu menit dan tidak boleh lebih. 

time out pada futsal

Melakukan time out ini ketika pertandingan sedang berlangsung dan hanya mempunyai satu kali peluang untuk melakukan time out pada setiap babak. Fungsi dari time out adalah pelatih memberikan atau mengubah strategi yang diperuntukkan pemain untuk dapat memenangkan pertandingan.

Hands Ball 

Pelanggaran yang dilakukan pemain ketika bola mengenai tangannya. Aturan hands ball diperuntukkan supaya pemain tidak memegang atau menyentuh bola, kecuali kiper. 

Gol 

Istilah terakhir ini mungkin sudah tidak asing oleh beberapa orang dan sudah sangat familiar digunakan dan dikenal luas oleh masyarakat. Gol adalah bola memasuki area gawang lawan, dinyatakan sah ketika bola melewati garisnya. Nilai dari gol itu, pada permainan futsal hanya bernilai satu dan semakin banyak pemain mencetak gol, maka kesempatan menang lebih besar. 

Demikianlah 10 istilah yang dapat Anda kenali dalam permainan futsal, terkadang masih banyak para pemain masih kebingungan mengenai beberapa istilah yang ada. Untuk itu, melalui artikel semoga beberapa informasi yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan buat Anda pahami.