4 Cedera Umum Terjadi Ketika Bermain Futsal

Apakah Anda termasuk penggemar olahraga futsal? Futsal itu berasal dari bahasa Spanyol futbol dan sala berarti ruangan. Futsal adalah permainan sepak bola dalam ruangan. Jenis permainan ini hampir sama seperti sepak bola, tetapi proses bermainnya dilakukan dalam ruangan dan jumlah pemainnya pun hanya 5 orang saja setiap tim nya. 

Olahraga satu ini termasuk yang aman dibandingkan dengan permainan lainnya, karena dibandingkan bermain American Football ini termasuk yang tidak beresiko besar. Tetapi, tidak menutup kemungkinan permainan futsal sering mengalami cedera. Nah, apa saja itu yang membuat para pemain mengalami cedera? Yuk kita bahas bersama-sama. 

Cedera Bermain Futsal

1. Kaki Terkelir

Fokus pada permainan futsal itu menggunakan kaki, sehingga beberapa area yang sering mengalami cedera yaitu tempat satu ini. Kaki terkilir termasuk salah satu gejala yang paling umum terjadi jika Anda aktif bermain futsal. Tetapi jika Anda pernah mengalaminya, cedera ini termasuk yang paling menyakitkan dan membuat Anda kesulitan berjalan. 

Beberapa kasus terjadi terkenannya cedera ini diakibatkan salah dalam menapak ketika melompat atau bisa juga terkena tekelan lawan. Apabila Anda sedang ingin bermain futsal, maka Anda harus memahami beberapa resiko yang ada tersebut secara menyeluruh. Pastikan Anda memahaminya dan memperhatikannya secara keseluruhannya. 

Untuk pengobatannya Anda bisa mencoba dengan mengurut bagian ini kepada profesional dan tidak perlu panik, karena ini permasalahan yang sering dialami oleh para pemain futsal. Dengan demikian jika anda penghobi futsal, mungkin bisa meminimalisir keadaan ini dengan memenuhi perlengkapan yang ada dan sering melakukan pemanasan sebelum bermain futsal. 

2. Patah Tulang kaki

cedera futsal

Tidak menutup kemungkinan cedera ini bisa terjadi jika Anda aktif bermain futsal, keadaan ini diakibatkan oleh benturan atau tekanan yang sangat kuat, sehingga tulang tidak mampu untuk meredamnya. Keadaan ini termasuk yang fatal dan beresiko sangat besar, sehingga dalam bermain Anda harus mempertimbangkan beberapa keadaannya. 

Sebelum melakukan permainan proses untuk pencegahan bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa perlengkapan dalam bermain. Mulai dari sepatu, deker, dan kaos kaki yang lengkap. Jenis ini termasuk yang banyak untuk Anda lakukan, sehingga jangan sampai Anda sembarangan, pastikan melengkapi semuanya menyeluruh. 

Jenis cedera ini termasuk yang paling besar dan sangat menyakitkan, tentunya sebelum bermain dan menghadapi lawan untuk tetap bermain sportif serta tidak sembarangan. Selain itu juga, lakukan beberapa pemanasan agar tubuh merasa lebih rileks dan tidak kaku. Jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan khusus sebelum bermain dengan peralatan lengkap. 

3. Ligamen Lutut 

Ligamen itu untuk menghubungkan antar tulang pada kaki, apabila mengalami cedera Anda akan merasakan dampak yang signifikan. Salah satunya Anda tidak bisa menekuk lutut dengan benar. Tahapan inilah yang membuat para pemain tidak bisa menghindarinya, karena diakibatkan oleh benturan dan terjadi juga saat berlari lalu tiba-tiba memutar arah. 

Tindakan inilah yang menyebabkan sering terjadi kasus cedera pada ligamen lutut, oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikannya. Ketika hendak ingin bermain jangan sampai untuk melakukan beberapa tindakan yang tidak mampu dipahami oleh tubuh. Dengan demikian Anda harus bisa melakukan pemanasan sebelum bermain futsal nantinya. 

Apabila Anda sedang mengalami permasalahan pada ligamen lutut ini  lebih baik untuk tidak sembarangan dalam melakukan pengobatan. Alangkah lebih tepat jika Anda langsung ke pusat klinik khusus dan lakukan pengobatan bersama tenaga medis profesional. Karena akan cepat pulih dan tidak mengalami efek samping nantinya secara menyeluruh. 

4. Cedera Kepala 

Mungkin untuk kejadian satu ini tidak begitu sering terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa saja Anda mengalaminya. Karena dalam bermain futsal kepala juga memiliki peranannya dalam kontribusi untuk mencetak gol. Tetapi, banyak kasus yang sering cedera pada kepalanya itu akibat benturan sesama pemain, gawang gol, dan bola.

Beberapa kasus yang terjadi mengalami banyak gegar otak yang mana ada kerusakan serius pada otak dan mengubah proses kerjanya. Ada banyak efek yang terjadi mulai dari sakit kepala dan masalah yang serius lainnya itu kehilangan ingatan dan konsentrasi. Dengan demikian apabila mengalami permasalahan pada kepala langsung pemeriksaan. 

Hindari untuk berhadapan langsung sesama pemain dan lihat situasi untuk melompat, apabila terlalu membahayakan lebih baik untuk membatasinya. Karena jangan sampai Anda merasakan banyak permasalahan, karena futsal tempat untuk olahraga, mempererat silaturahmi, dan bagian keseruan yang menarik untuk Anda lakukan. 

Tetapi, apabila dalam bermain terlalu besar resikonya lebih baik untuk membatasinya. Karena jangan sampai Anda mengorbankan kepala yang berdampak panjang kedepannya. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa cedera yang terjadi ketika Anda bermain futsal. Beberapa penjelasan diatas termasuk cedera yang umum terjadi, lebih baik Anda membatasinya dan memahaminya secara keseluruhan.