Apa Bedanya Futsal dengan Mini Soccer

Bagi beberapa masyarakat pasti tidak asing dengan olahraga sepak bola. Seperti yang diketahui, ada berbagai macam jenis dari sepak bola salah satunya yaitu futsal serta mini soccer. Futsal sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2002 yang mana pada saat itu Indonesia telah ditunjuk menjadi tuan rumah dari kejuaraan futsal dengan tingkat ASEAN yang kemudian merambat dan juga berkembang pesat pada kalangan anak muda sampai sekarang.

Berbeda lagi dengan mini soccer yang mana masuk ke Indonesia di tahun 2014.pada tanggal 16 dan juga 17 Agustus tahun 2014 menjadi sebuah sejarah baru bagi sepakbola nasional. Dan FSMI atau Federasi Sepak Bola Mini Indonesia telah resmi pada tahun 2016.

Dikarenakan banyaknya penggemar dari mini soccer dan juga futsal  ini menjadikan penyewaan lapangan futsal serta mini soccer menjadi populer. Dan juga banyak ditemukan di berbagai belahan daerah Indonesia salah satunya yaitu Jakarta.

Perbedaan dari Futsal serta Mini Soccer

Walaupun memiliki kesamaan dalam kegiatan yang berada di suatu ruangan maupun indoor akan tetapi Futsal dan Mini Soccer ini memiliki beberapa perbedaan yang mungkin perlu untuk diketahui. Berikut ini beberapa macam perbedaan antara Mini soccer dan futsal dengan berdasarkan dari lapangan yang digunakan maupun dari dasar permainannya.

1. Ukuran dari lapangan

Ukuran dari lapangan futsal jauh lebih kecil daripada mini soccer, yang mana lapangan futsal memiliki ukuran panjang mulai dari 25 sampai 42 meter dengan lebar 15 sampai 25 meter. Sedangkan untuk standar dari lapangan mini soccer yaitu 12,5 x 25 meter.

2. Ukuran Bola

Perbedaan selanjutnya yaitu mengenai ukuran bola, yang mana mini soccer memiliki nomor 5 dengan mempunyai berat sekitar 410 hingga 450 gram, sedangkan untuk futsal bernomor 4 yang memiliki berat antara 400 sampai 440 gram. Yang mana perbedaan itu merupakan dasar dari daya pantul dari kedua alas pada permainan sepak bola tersebut.

3. Jenis Lapangan

Futsal perlu dimainkan dengan jenis lapangan yang berbahan vinyl atau permukaan karet, karpet plastic maupun rumput sintetis serta parquetted atau permukaan kayu. Sedangkan untuk jenis lapangan mini soccer sendiri sama dengan sepak bola yang mana memiliki jenis lapangan yang berbahan dasar dengan rumput asli maupun sintetis.

Yang mana sepatu ataupun alas kaki yang digunakan sangat berperan bagi kedua jenis tersebut. Pada permainan Futsal sendiri memakai sepatu yang memiliki bahan karet yang rata pada bagian bawahnya. Dan untuk mini soccer harus menggunakan sepatu dengan memiliki pul berbahan karet dibawahnya.

4. Jumlah untuk Pemain

Jumlah dari pemain dalam futsal sendiri terdiri dari 5 orang pada satu tim, sedangkan untuk pemain mini soccer memiliki 7 orang dalam setiap tim. Strategi susunan untuk mini soccer yaitu 4-4-2 serta 4-4-3 dan untuk futsal sendiri biasanya menggunakan susunan 2-1-1 maupun 1-2-1. Format dari permainan mini soccer dan futsal juga berbeda. Untuk futsal dapat dimainkan oleh 5 lawan 5 pemain dalam suatu tim, sedangkan untuk mini soccer sendiri yaitu 7 lawan 7 dan juga dapat menjadi 9 lawan 9

Yang mana tidak adanya peraturan seperti offside pada 2 jenis permainan tersebut, akan tetapi untuk mini soccer hampir sama dengan sepak bola, apabila bola keluar dari lapangan perlu dilemparkan kembali dan untuk futsal perlu untuk ditendang.

Mini soccer dan juga futsal sama-sama memiliki dua babak, dengan perbedaan pada durasinya. Untuk mini soccer permainan memakan waktu 2 babak dalam 45 menit, sedangkan untuk futsal memiliki durasi yaitu 2 babak dalam 20 menit tidak termasuk dalam time out atau lainnya. Dan keduanya dapat melakukan pergantian mengenai pemain dengan bebas melalui izin dari wasit serta ketika pertandingan sedang berlangsung.

Rekomendasi lapangan mini soccer

futsal mini soccer

Setelah mengetahui beberapa perbedaan dari futsal serta mini soccer, maka selanjutnya ada beberapa rekomendasi lapangan untuk mini soccer yang mungkin perlu di coba.

1. De Kings Arena

De Kings Arena ini terletak pada daerah Lubang buaya di Jakarta timur. Lapangan tersebut menawarkan kualitas rumput yang terbaik pada daerahnya yang mana dapat membuat lapangan tersebut tidak pernah sepi. Dan juga lapangan ini sering digunakan untuk sebuah liga serta turnamen kecil yang dikarenakan memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang dapat memukau.

Dan juga banyak dari club-club fun football untuk menjadikan De Kings Arena ini untuk digunakan home base mereka, akan tetapi dikarenakan lapangannya yang terbuka tidak disarankan untuk bermain pada siang hari. Harga untuk menyewa lapangan ini mulai dari 600 ribu hingga 1,2 juta.

2. Serenia Mansion Mini Soccer

Terletak pada daerah di lebak bulus di Jakarta selatan yang mana banyak diminati dikarenakan lokasinya yang terbilang cukup strategis sebab dekat daerah yang ramai seperti contohnya pondok indah, cilandak, cinere dan juga sekitarnya.

Suasana dari lapangan tersebut ditawarkan dengan asri dari pihaknya, yang mana lapangan tersebut terletak di dalam suatu perumahan dimana dikelilingi dari pohon-pohon yang rindang. Dimana menjadikannya sebagai nilai tambahan dari lapangan itu dan dapat juga untuk bermain pada siang hari. Biaya untuk menyewa lapangan berkisar dari 800 ribu hingga 1,8 juta.

3. NF Mini Soccer

Penyewaan lapangan ini terletak pada pesanggrahan di Jakarta selatan. NF Mini Soccer ini memiliki tariff yang murah dibandingkan dengan lapangan lainnya yang mana kualitas dari rumput yang sediakan juga tidak berbeda dengan lapangan seperti umumnya. Yang mana dapat menjadikan lapangan tersebut digunakan para mahasiswa maupun anak sekolahan.

Dan NF Mini Soccer ini sering kali digunakan untuk home base berbagai macam club fun football yang disebabkan oleh harganya yang sedikit murah yang mana dapat digunakan untuk bermain pada setiap minggu. Harga untuk menyewa NF Mini Soccer mulai dari 200 ribu hingga 400 ribu saja.

Itulah rangkuman mengenai perbedaan futsal dan mini soccer dan beberapa lapangan mini soccer rekomendasi  yang mungkin dapat untuk dijadikan sebagai suatu referensi.