Bahaya Bermain Futsal di Malam Hari Bagi Kesehatan

Banyak orang memilih untuk berolahraga pada malam hari karena seringkali tidak mempunyai waktu untuk berolahraga di pagi hari atau siang hari akibat jadwal yang padat. Bagi  yang masih ingin berolahraga di malam hari, Anda harus lebih berhati-hati sekarang. Olahraga merupakan aktivitas yang sehat, namun efeknya dapat berdampak buruk jika dilakukan pada larut malam. mengapa demikian? Hal Ini mengacu pada jam tubuh tubuh. Saat memasuki malam hari, alarm tubuh Anda akan mengingatkan Anda tentang waktu tidur. Apabila Anda ngotot berolahraga di malam hari, ada perubahan “jadwal” yang bisa mengganggu jam tubuh yang mengatur fungsi tubuh. Akibatnya, tubuh cepat rentan terhadap penyakit dan malaise. Beberapa bahaya berolahraga  di malam hari dapat menyebabkan daya tahan tubuh yang buruk, sesak nafas ringan, dan masalah tidur. 

Night Sports sebenarnya tidak dilarang. Namun, sangat disarankan agar Anda memperlambat kecepatan latihan Anda. Berolahraga dengan kecepatan yang sangat lambat dengan malam yang lemah membantu tubuh Anda mengatur detak jantung dan pernapasan Anda dan menjaga jumlah produksi hormon Anda tetap normal. Penting juga untuk mengingat bahwa pemanasan dan pendinginan penting sekali dilakukan setelah berolahraga. Kegiatan Pemanasan dan pendinginan dapat sangat membantu Anda dalam meningkatkan sirkulasi, mengendurkan otot sehingga Anda dapat  mempersiapkan tidur yang lebih baik setelahnya. Salah satu jenis olahraga yang paling banyak disukai untuk dimainkan pada malam hari adalah futsal. Futsal, salah satu olahraga pria yang paling populer, sering dimainkan pada malam hari, hal ini disebabkan karena mayoritas orang akan sibuk melakukan rutinitasnya di siang hari yaitu bekerja dan lain sebagainnya. Futsal  sangat menyenangkan dan bisa membuat Anda berkeringat. Namun, jika Anda sering bermain futsal di malam hari, hal itu dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda. Jika ya, apa saja risiko kesehatan bermain futsal di malam hari? Silahkan cek penjelasannya di bawah ini.

1. Risiko angin malam pada asma 

Bahaya pertama bermain futsal di malam hari akan meningkatkan risiko tubuh Anda untuk terkena angin malam. Ini berjalan di lingkungan tertutup, tetapi tidak mengurangi risiko ini. Efek pertama dari penyakit ini adalah demam atau pilek. Efek selanjutnya terjadi peningkatan risiko berkembangnya asma. Salah satu penyebab alergi asma adalah hawa udara dingin di malam hari. Sering menggunakan latihan ini mengurangi resistensi paru-paru terhadap angin malam. Hal ini membuatnya Anda rentan terhadap salah satu dari beberapa jenis asma.

2. Stamina menurun 

Jika Anda sering bermain futsal di malam hari setelah seharian bekerja, maka dapat mempengaruhi daya tahan tubuh Anda. pernyataan ini sudah didukung oleh beberapa penelitian yang menyatakan bahwa orang yang sering berolahraga di siang hari lebih mungkin untuk sakit setelah menghabiskan hari yang panjang di tempat kerja. Olahraga, termasuk futsal, dapat dilakukan pada malam hari selama kondisi fisik baik. Jika Anda memiliki banyak aktivitas sepanjang hari, Anda harus mengistirahatkan tubuh Anda. Jangan rilekskan tubuh Anda. Anda lebih mungkin untuk  sakit.

3. Kelelahan yang berlebihan 

Bahaya bermain futsal keesokan harinya adalah tubuh akan merasakan lelah yang berlebihan. Futsal dimainkan tidak hanya ketika Anda memiliki waktu luang, tetapi juga ketika tubuh Anda sehat dan tidak lelah atau lelah. Futsal yang berlebihan, atau malam hari, dapat mempengaruhi kelelahan yang ekstrem setelah  melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari. Efek lainnya adalah tubuh Anda cepat lelah dan jantung Anda berdenyut-denyut. Oleh karena itu, Anda harus belajar membagi waktu antara bekerja, istirahat, dan berolahraga. Pastikan olahraga futsal yang Anda mainkan tidak mengganggu kesehatan Anda. Ingatlah bahwa tubuh Anda harus tidur sekitar 8 jam  setiap hari.

4. Serangan jantung mendadak 

Bahaya paling mematikan dalam futsal di malam hari  adalah timbulnya serangan jantung secara tiba-tiba. Hal ini sudah berkali-kali terjadi, pada artis salah satunya  artis Adjie Massaid. Beliau  meninggal  setelah  bermain futsal sebelumnya. Tiba-tiba, Adjie mengeluh sesak napas dan nyeri dada, dan akhirnya tidak bisa membantu karena dokter mengatakan dia terkena serangan jantung. Tentu saja, serangan jantung mendadak itu bukan hanya karena faktor  futsal di malam hari. Sejarah juga memiliki pengaruh yang besar. Misalnya, jika Anda memiliki riwayat hiperkolesterolemia, Anda berisiko lebih tinggi mengalami serangan jantung mendadak. Kelelahan yang berlebihan juga merupakan faktor dalam serangan jantung mendadak. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui langkah pertolongan pertama pada serangan jantung. 

Futsal tentu sehat jika dimainkan dengan waktu dan cara yang benar. Apabila Anda melakukan aktivitas yang intens sepanjang hari, ada baiknya Anda untuk memilih  istirahat daripada bermain futsal. Jika Anda tidak merasa lelah, pilih waktu luang lain. Jika sedang  tidak enak badan, hindari olahraga berat seperti  futsal agar tubuh tetap sehat.