Bisnis Lapangan Futsal, Tren Yang Takkan Habis

sepatu-futsal.com – Futsal mulai masuk ke Indonesia di tahun 1998 – 1999. Permainan ini langsung diminati oleh masyarakat Indonesia karena permainan ini mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk bermain bola di mana terdapat keterbatasan lahan. Permainan ini hanya membutuhkan 5 orang dalam 1 tim dan sebuah lapangan indoor yang tidak terlalu luas. Dan untuk memfasilitasi minat pemain futsal, bisnis sewa lapangan futsal pun mulai menjamur.

Pada tahun 2000an, bisnis lapangan futsal menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Bisnis penyewaan ini sangat mudah dan memiliki turn over tinggi, di mana 1 tim hanya menyewa 2 – 3 jam saja. Sehingga dalam satu bangunan di mana terdapat dua lapangan, bisa mendapatkan penyewa hingga 6 – 8 tim dengan sewa yang bersifat progresif sesuai jam yang dipilih.

Alasan lain mengapa bisnis lapangan futsal menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan adalah:

  1. Pasar yang Luas

Futsal adalah yang olahraga banyak yang diminati masyarakat umum seperti halnya sepakbola. Namun, futsal mempunyai begitu banyak kemudahan sehingga kalangan menengah ke bawah bisa menyalurkan minat bermain bola mereka ke olahraga ini.

pasar yang luas

Mulai dari anak tingkat sekolah dasar hingga ke karyawan bisa mengikuti olahraga ini tanpa syarat yang sulit. Asalkan suka bermain bola, dan kuat fisiknya, segera saja bergabung dengan salah satu tim futsal terdekat.

  1. Investasi Jangka Panjang

sebagai salah satu olahraga yang telah diresmikan menjadi bagian FIFA, futsal bukanlah olahraga yang bersifat ngetren, sehingga kebutuhan akan lapangan futsal akan selalu ada. Bahkan lapangan dibutuhkan bagi tim yang rutin melakukan latihan untuk persiapan kompetisi. Sehingga biaya besar yang dikeluarkan pada saat pembuatan lapangan dapat segera balik modal dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga : Juaranya Juara Liga Pro Futsal Indonesia

  1. Minim Perawatan

Lapangan futsal tidak memiliki perawatan yang rumit. Misalnya lapangan tipe rumput sintetis, sangat mudah untuk perawatannya. Perhatikan rumput jika ada yang mulai sobek harus segera diganti agar tidak menciderai pemain. Tiang dan kawat pembatas, harus rutin dicek. Serta rajin membersihkan lapangan dan memberikan pengharum ruangan yang tepat sehingga udara di dalam lapangan tetap segar dan bersih.

  1. Keuntungan Besar

Bisnis sewa lapangan masuk dalam kategori berprofit besar. Harga sewa yang ditetapkan bisa menggunakan sistem progresif, di mana di jam sibuk seperti sore hingga malam hari, harga sewa akan berbeda dengan di jam pagi. Dengan demikian, profit yang dihasilkan bisa lebih besar.

  1. Bisnis Sampingan Lain

Selain menyewakan lapangan, pemilik lahan juga bisa menyewakan space yang ada untuk kantin penyedia makan dan minum. Atau membuat kafe untuk tempat menunggu yang nyaman selama menunggu jadwal antrian sewa.

Jika Anda berminat untuk membuka bisnis sewa lapangan futsal, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Lokasi 

Pemilihan lokasi merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan. Pilih lokasi di perumahan atau kampus di mana warga perumahan atau mahasiswa merupakan target market bisnis ini. Lokasi harus berada di pinggir jalan dan mempunyai lahan yang cukup untuk lapangan dan parkir. Karena terkadang lahan parkir menjadi alasan penyewa datang untuk bermain futsal.

  1. Biaya Pembuatan

Siapkan dana untuk pembuatan lapangan yang umumnya terdiri dari (gambaran kasarnya):

  • Biaya konstruksi                                                Rp. 200.000.000
  • Biaya lantai dan pondasi                                   Rp. 100.000.000
  • Biaya rumput sintetis                                         Rp.   90.000.000
  • Biaya lainnya (lampu, jaring dan lainnya)        Rp.   10.000.000

Total Asumsi Biaya                                      Rp. 400.000.000

biaya pembuatan lapangan futsal

Biaya yang dibutuhkan cukup besar, karena ini adalah bisnis jangka panjang. Namun dengan pengelolaan yang tepat, akan cepat balik modal dan terus menghasilkan karena seperti halnya sepakbola, futsal sudah menjadi bagian dari olahraga yang selalu diminati masyarakat.

  1. Menetapkan Harga Sewa

Tetapkan harga sewa sesuai dengan harga pasaran di sekitar. Anda juga bisa tetapkan harga sewa bersifat progresif. Bisa diilustrasikan seperti di bawah ini:

Sewa jam 08.00 – 12.00 : 4 x 60.000                      = Rp. 120.000

Sewa jam 12.00 – 16.00 : 4 x 80.000                      = Rp. 320.000

Sewa jam 16.00 – 21.00 : 5 x 100.000                    = Rp. 500.000

Total asumsi penghasilan sewa 1 hari       = Rp. 940.000

Jika Anda membuat 2 lapangan maka asumsi sewa di atas bisa dikalikan dua. Jika Anda mempunyai lahan yang disewakan untuk kafe dengan biaya sewa Rp. 5.000.000/bulan, maka total asumsi penghasilan dengan 2 lapangan per bulan =                   (2 x 940.000 ) x 28 hari + 5.000.000 = Rp. 57.640.000

Asumsi biaya yang dikeluarkan dalam 1 bulan:

Biaya 2 orang karyawan               Rp.  5.000.000

Biaya perawatan                           Rp. 10.000.000

Biaya listrik                                    Rp. 10.000.000

Total biaya                                     Rp. 25.000.000

Maka dalam sebulan, Anda akan mendapat asumsi keuntungan bersih = Rp. 32.640.000

  1. Strategi Pemasaran

Anda perlu memasarkan dan menginformasikan keberadaan lapangan futsal Anda dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Media Sosial

Gunakan media sosial dan link pertemanan Anda. Cara ini sangat efektif apalagi jika Anda sangat aktif di media sosial, informasi tentang lapangan futsal akan lebih mudah diketahui. Kebanyakan pembeli pertama adalah orang-orang yang kenal dan percaya dengan Anda.

  • Suasana Ruang Tunggu yang Nyaman

Karena bisnis sewa lapangan futsal bersifat pesanan, tidak jarang terjadi tim yang akan menyewa di jam berikutnya telah datang menunggu jadwal mereka.

ruang tunggu yang nyaman

Sediakan tempat tunggu yang nyaman agar mereka bisa berdiskusi dengan tim sebelum jadwal mereka. Juga sediakan toilet yang bersih dan nyaman dalam jumlah cukup untuk mendukung kebutuhan bersih-bersih pemain setelah bertanding.

  • Bonus/Promo Sewa

Berikan promo baik promo launching, promo penyewa tersetia atau promo-promo lainnya yang dapat menarik penyewa untuk terus berlangganan di lapangan futsal Anda. Biaya promo yang Anda keluarkan sekarang lebih baik daripada membuat lapangan Anda menganggur meski hanya 2 jam saja per hari. Anda harus kreatif dalam membuat promo-promo yang ditandai dengan penuhnya booking lapangan futsal Anda.

Olahraga futsal akan terus ada, meski tidak banyak kompetisi yang akan menampung tim-tim terbaik karena tidak adanya penyelenggara. Karena futsal seperti halnya dengan sepakbola, sudah menjadi budaya olahraga ketimbang kompetisi. Masyarakat akan tetap menyediakan waktu untuk berolahraga futsal untuk kesehatan dan refreshing.