Cara Menagih Hutang Kepada Teman yang Sopan

sepatu-futsal.com – Sebagai seorang yang memberi pinjaman, kamu sangat berhak untuk mengambil lagi lagi sejumlah uang yang sudah dipinjam untuk jangka waktu yang sudah ditentukan. Terlepas adanya hubungan antar teman, namun kamu tetap memiliki hak penuh akan hal ini.

Tapi, yang menjadi kesulitan pada kenyataanya adalah cara untuk menagih hutang kepada teman yang sulit melunasi atau bahkan ada yang lupa. Padahal ada batas waktu yang sudah dijanjikan oleh teman kamu, atau bahkan sudah berlangsung lama dan dia belum bayar juga.

Tentunya akan selalu ada alasan dari mereka yang bisa membuat kamu merasa kesal dengan perilaku teman seperti ini. Meski tidak sedikit juga orang-orang yang justru merasa kasihan ketika mendengar alasan yang membuat hutangnya belum bisa dilunasi. Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan ketika ingin menagih hutang terhadap teman yang lebih sopan dan halus. Berikut penjelasannya.

1. Minta Bayarin atau Traktir

Terdapat dua jenis seorang peminjam yang akan kamu temui, yang pertama yakni mereka yang berani blak-blakan untuk meminta dan sebaliknya contoh orang meminta secara terselubung. Tipe yang kedua barusan yang bisa menjadi senjata untuk menagih hutang ke teman, kamu bisa berdalih untuk meminta teman kamu membayar belanjaan yang sudah kamu ambil dengan alasan yaitu tidak memiliki uang pas.

menagih hutang kepada teman

Cara seperti ini sebetulnya dapat kamu terapkan supaya uang kamu kembali. Ketika pergi bersama teman, cobalah untuk menyiapkan uang sedikit mungkin lalu meminta teman kamu untuk membayar pembelian kamu. Pastinya dengan nilai yang sama dan kamu bisa menjelaskan bahwa hutangnya dapat terpotong kalau dia mau melunasi belanjaan kamu.

2. Rajin Menitipkan Barang

Jika opsi pertama diatas kurang sukses lantaran teman kamu juga sering membawa uang yang pas-pasan ketika bepergian bersama, kamu bisa mencoba cara berikut ini. Saat kamu dan temanmu janjian bakal ketemuan di kampus atau dirumah, kamu bisa mencoba menitipkan suatu barang ke temanmu. Barang tersebut bisa berupa makanan, minuman, barang atau keperluan sehari-hari. Dengan cara ini, uang yang dipinjam teman kamu tetap bisa kamu gunakan untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Baca Juga : 4 Cara Membedakan Antara Sepatu Nike Asli dan Nike Palsu

3. Memperlihatkan Sikap Memelas

Menerapkan sindiran halus kadang perlu kamu lakukan. Apabila kamu merupakan teman yang dekat tentunya lumayan sering terjadinya curhat-curhatan. Nah, cobalah untuk bercerita kepada teman kamu yang berhutang bahwa kamu saat ini begitu ingin membeli suatu barang. Misalnya kamu membutuhkan baju yang baru namun sedang tidak memiliki uang dan hal lainnya sebari memasang muka melas.

4. Kode Keras di Saat Gajian

Jika kamu belum tahu cobalah cari tahu mengenai kapan teman kamu memperoleh gaji atau mendapat transferan uang. Kondisi ini menjadi momen yang tepat untuk kamu menagih hutang kepada teman kamu sebab kecil kemungkinan dia memiliki alasan bahwa sedang tidak ada uang dan sejenisnya, karena kondisi dia baru saja menerima gaji. Kamu juga bisa menerapkan kalimat seperti “wahh gajian nihh, mana nih yang buat aku?” kalimat-kalimat seperti ini bisa menjadi pancingan untuk membuat mereka peka terhadap hutang yang ada.

5. Sering Memuji Teman

Mau menagih hutang kenapa harus memuji ? didunia psikologi, seseorang akan bergerak lebih cepat saat orang lain memainkan ego mereka. Kamu dapat memainkan ego ini dengan kalimat pujian atau menyanjung teman kamu. Seperti, kamu seolah ceritakan bahwa teman kamu sejauh ini sudah dianggap sebagai sahabat yang baik dan bijaksana karena sering melakukan banyak kebaikan.

Dengan hal ini biasanya seseorang akan terpacu untuk melakukan suatu hal yang benar dan bijaksana, sama seperti yang kamu katakan sebelumnya terhadap teman tersebut. Sebab apabila tidak dilakukan, seseorang akan timbul rasa khawatir soal rasa kagum orang lain kepada dirinya bisa hilang. Setelah itu kamu jangan lupa menagih hutang sesudah kamu melemparkan pujian terhadapnya.

6. Uji Gengsinya

Setelah memainkan peranan egonya, kamu bisa menguji gengsinya. Cara termasuk mudah, kamu hanya butuh merangkai scenario sederhana seperti menceritakan adanya teman yang pernah berkata buruk terkait dirinya sebab sering susah mengembalikan sejumlah uang yang telah dipinjam. Lalu kamu sampaikan bahwa teman tersebut bukanlah orang seperti yang diceritakan. Dengan ini dia akan merasa dan peka akan hutang yang ada.

7. Blak-blakan

Apabila seluruh cara masih tidak mempan, kamu bisa memberanikan diri agar bisa menagih hutang kepada teman kamu secara langsung. Namun kamu perlu menyertakan alasan yang pas. Seperti, kamu sedang membutuhkan uang tambahan karena harus melunasi cicilan kendaraan atau untuk membayar sewa kontrakan. Umumnya cara seperti ini dapat berhasil, yang penting tetap sopan agar kita tidak kehilangan teman cuman gara-gara uang.