Digital Banking Terbaik di Indonesia

Sebelum masuk kedalam inti dari pembahasan, maka perlu untuk menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian dari bank digital itu sendiri yang mana merupakan suatu inovasi terbaru yang dimiliki oleh berbagai macam bank terbaik yang ada di Indonesia, agar dapat memudahkan para calon nasabah dalam membuka suatu rekening tanpa harus datang lagi ke bank, yang mana ketentuan dari layanan tersebut sudah ada dalam peraturan yang diberikan dari pihak Otoritas Jasa Keuangan.

Yang mana layanan tersebut memiliki tujuan kepada generasi milenial yang mana sudah paham dan mengenali kecanggihan dari teknologi sekarang ini. Dan juga transaksi seperti halnya tarik tunai, menabung maupun pembayaran lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang terdapat pada smartphone yang dimiliki bank digital.

Kelebihan yang terdapat pada Bank Digital

Adanya layanan dari Bank Digital membawa beragam manfaat untuk masyarakat, apalagi pada saat ini dimana masih terkendala pandemic dan pemerintahan telah menghimbau kepada masyarakat agar tetap untuk berdiam diri dirumah saja. Maka dari itu beriku beberapa kelebihan atau manfaat dari adanya layanan itu.

  • Tidak perlu untuk mengantri seperti pada bank konvensional.
  • Biaya admin yang gratis.
  • Dapat memberikan bunga simpanan.
  • Proses dalam registrasi maupun aktivasi pada rekening dapat dilakukan tanpa perlu keluar rumah.

Kekurangan yang dimiliki Bank Digital

Selain dari memiliki keunggulan pasti terdapat juga kekurangannya, dan kekurangan tersebut yaitu

  • Sangat memerlukan koneksi internet agar dapat mengakses layanan Bank Digital.
  • Dapat menimbulkan pengeluaran yang berlebih mengenai transaksi yang dilakukan secara online, yang mana apabila  tidak dapat mengelola keuangan.

Beberapa Bank Digital Terbaik yang ada di Indonesia

Seperti pada inti sebelumnya yang mana akan memberi beberapa rekomendasi dari beberapa macam daftar Bank Digital Terbaik di Indonesia dan juga ada beberapa yang dibebaskan dari biaya administrasi, agar lebih jelas maka langsung saja menyimak dari beberapa daftar yang ada dibawah.

  1. BCA Digital

Yang pertama merupakan dari Bank BCA yang mana sudah mempersiapkan sebuah aplikasi agar dapat mengakses BCA secara digital. Yang mana bagi calon nasabah tidak perlu untuk datang ke bank lagi agar dapat melakukan registrasi dimana dapat di proses hanya melalui smartphone. Dan nantinya akan ada panggilan Video Call dari pihak petugas CS BCA apabila akan mengaktivasinya.

  1. Jenius by BTPN

Jenius adalah suatu produk digital banking yang diberikan oleh BTPN, dimana telah dirilis sejak 2016 lalu, dan memiliki berbagai keunggulan dalam layanan seperti contohnya memiliki fitur cashtag yang digunakan untuk pengganti dari nomor rekening. Jenius juga tidak memiliki ketentuan mengenai setoran awal serta saldo yang mengendap pada suatu rekening.

  1. BHI Digital

Kemudian ada juga Bank Digital dari Bank Harda Internasional atau BHI yang namanya telah tercantum di dalam daftar Bank Digital yang terbaik di Indonesia. Bank tersebut juga telah merilis produknya yang digunakan seperti pada momen saat pandemi ini, dan terutama ditargetkan kepada para kalangan muda.

  1. BKE Digital

BKE singkatan dari PT Bank Kesejahteraan Ekonomi juga turut dalam beberapa daftar Bank Digital yang ada di Indonesia, Bank ini bertranformasi menjadi Bank Digital setelah diakui oleh Sea Grup yang mana Induk dari perusahaan shopee. Yang mana shopee mempunyai banyak user yang kebanyakan dari generasi milenial yang telah mengaktivasi rekening BKE tersebut via online.

  1. PermataME

Daftar dari Bank Digital selanjutnya yaitu PermataME yang dapat diakses menggunakan sebuah aplikasi yang memiliki nama PermataMobileX yang mana memiliki promo bonus saldo sebesar 50 ribu yang dapat menarik banyak calon nasabah baru agar dapat membuka rekening dan juga dibebaskan dari biaya administrasi bulanan bagi para nasabah.

  1. BNC Digital

BNC atau PT Bank Neo Commerce baru-baru ini telah menggaet penyedia dari layanan digital yaitu Tencent Cloud dalam menciptakan Bank Digital. Maka dari itu, BNC memiliki harapan agar dapat meningkatkan berbagai macam infrastruktur secara digital dengan memprioritaskan keamanan data dari para nasabahnya.

  1. D-Save dari Danamon

D-save Danamon juga direkomendasikan dalam daftar Bank Digital terbaik yang ada di Indonesia, yang mana mempunyai cara registrasi secara online yang dapat mempunyai lebih dari satu rekening. Dan terdapat banyak fitur dalam transaksi serta memiliki jumlah suku bunga yang cukup tinggi.

  1. BRI Agro

Dalam daftar terakhir yaitu BRI Agro, walaupun belum dirilis dengan penuh, Bank BRI ini telah menuturkan apabila mereka dapat mempersiapkan dana sebesar 3,5 Triliun untuk belanja mengenai keperluan IT. Dirilisnya layanan tersebut, BRI berharap agar dapat mengajak berbagai generasi milenian agar membuka sebuah rekening BRI Virtual.

  1. Senyumku dari Amar Bank 

Amar Bank juga memiliki produk bank digital baru yang diberinama Senyumku. Aplikasi Senyumku menawarkan berbagai macam keunggulan salah satunya fitur pengaturan keuangan. Senyumku bisa diunduh di perangkat Android secara gratis. 

Konsep dari Bank Digital

Setelah mengetahui berbagai macam daftar Bank Digital yang ada di Indonesia, mungkin juga ada yang belum paham mengenai konsep dari Digital Banking itu sendiri. Layanan dari Digital Banking ini memiliki perbedaan seperti iBanking serta mBanking, karena layanan dari keduanya hanya memiliki konsep agar dapat memudahkan pada setiap transaksi melalui Komputer serta smartphone.

Sedangkan dari Bank Digital mempunyai konsep registrasi serta aktivasinya via online. Yang mana merupakan contoh inovasi dari berbagai macam Bank. Dan apabila suatu bank ingin membuat sebuah produk Digital Banking memerlukan biaya modal sebesar 3 hingga 10 Triliun dan juga mempunyai kantor pusat serta memiliki penyedia jasa dalam layanan digital yang terkemuka.

Layanan yang terdapat pada Digital Banking

  • Proses registrasi dan aktivasi rekening secara online.
  • Pembayaran.
  • Cek Saldo.
  • Cek Mutasi.
  • Penutupan rekening.
  • Dan juga transaksi transfer untuk bank lain serta virtual account selain dapat dilakukan sesame Digital Banking.

Itulah beberapa rekomendasi mengenai daftar Digital Banking terbaik di Indonesia serta dengan kelebihan maupun kekurangannya, dan juga konsep maupun layanan dari Digital Banking yang mana mungkin dapat dijadikan sebagai referensi.

Download: Aplikasi Bank Digital