Kondisi Timnas Futsal Indonesia Menjelang Piala Asia Futsal 2020

sepatu-futsal.com – Menjelang turnamen AFC Futsal Championship 2020, pemusatan latihan sudah dimulai Timnas Futsal Indonesia. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan, supaya performa Timnas Futsal dapat maksimal nantinya di pertandingan. Namun, kali ini ada kegiatan menarik yang dilakukan skuad garuda saat pemusatan latihan (TC) mulai dibuka. 

Tepat pada tanggal 14 Oktober 2020 lalu, secara simbolis pembukaan TC dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Timnas Futsal. Hal ini dimaksudkan agar semua personil yang terlibat dalam AFC Futsal Championship nanti senantiasa diberi kesehatan apalagi saat ini negara kita sedang diserang pandemi. Setelah itu, skuad garuda pun mulai memusatkan latihannya di lapangan GOR Bhaskara, Surabaya. 

Persiapan Timnas Futsal Menjelang Piala Asia Futsal 2020

Tidak lama AFC Futsal Championship 2020 akan digelar secara besar-besaran. Tentunya tim-tim futsal di seluruh negara Asia yang ikut bertanding harus mempersiapkan dirinya, termasuk Tim Nasional Indonesia. skuad garuda kebanggan tanah air diketahui beberapa hari lalu telah memulai pelatihannya di Surabaya. 

Sebelum pemusatan latihan (TC) mulai dibuka, Tim Nasional Futsal juga sudah pernah melakukan latihan virtual sebelumnya. Tim Pelatih sudah mengkomunikasikan latihan secara visual dengan para pemain yang akan turun di lapangan nantinya. Jadi, sebelum mulai pelatihan beberapa anggota tim juga sudah melakukan latihan walau secara virtual di klub-klub yang mereka ikuti.

Informasi ini sudah dibenarkan oleh Kensuke Takashi selaku pelatih timnas futsal Indonesia di laman PSSI. Hal tersebut dilakukan agar kondisi pemain saat TC dimulai tidak buruk dan selalu siap. Maka dari itulah tim pelatih sudah mencari tahu dan mengontrol kondisi pemain-pemain didikannya dengan tujuan penting tersebut. Menurut pelatih asal Jepang ini, latihan yang nantinya dilakukan menjelang AFC Futsal Championship 2020 bisa diikuti dengan baik oleh semua pemain. 

Baca Juga : Deretan Selebritis Indonesia yang Hobi Bermain Futsal

AFC Futsal Championship Digelar Bulan Desember 2020

Pertengahan bulan November 2020 pun diagendakan sebagai jadwal dimulainya TC oleh Timnas futsal Indonesia. Baru setelahnya semua tim akan bertolak langsung ke Kuwait, baik itu tim pelatih, tim pemain, dan tim ofisialnya. Seperti yang diketahui bersama, ajang pertandingan futsal terbesar ini akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020, tepatnya tanggal 2-13.

persiapan timnas futsal di piala asia futsal 2020

Pertandingan pun akan digelar secara besar-besaran di Shaikh Saad Al-Abdullah Sports Hall Complex. Untuk undian grup sendiri, timnas Indonesia masuk pada grup C, bersama dengan negara China, Bahrain dan Uzbekistan. Menurut jadwal pertandingan resminya, skuad garuda akan melawan Uzbekistan pada pertandingan pertamanya. 

Pertandingan timnas Indonesia di AFC Futsal Championship 2020 sudah dijadwalkan pada tanggal 3 Desember 2020. Selanjutnya, timnas akan bertanding melawan Bahrain dan Cina pada tanggal 5 dan 7 Desember 2020. Apabila tim berhasil menempati posisi juara dan runner-up, maka tim tersebut berhak melenggang ke babak perempat final. 

Agenda pertandingan ini juga akan dilanjutkan ke Piala Dunia Futsal yang akan digelar di Lithuania pada tahun 2021 nanti. Jadi, setiap tim yang berhasil masuk ke dalam lima besar akan dinyatakan lolos dan berhak mengikuti piala dunia futsal tersebut. Tentu saja hal ini menjadi harapan besar pecinta futsal tanah air, agar tim kebanggaan tanah air bisa melenggang dengan mudah ke Piala Dunia Futsal 2021 nanti. 

Covid-19 Tidak Menyurutkan Semangat Timnas Futsal Indonesia

Kita tahu bahwa negara kita sedang kesulitan bangkit dari wabah Covid-19 yang saat ini menyerang seluruh dunia. Namun untungnya, di tengah situasi sulit saat ini, Tim Nasional Futsal Indonesia tetap semangat latihan dan melakukan persiapan menjelang AFC Futsal Championship 2020 di Kuwait nanti. 

Menurut Edhy Prasetyo, Sekjen FFI (Federasi Futsal Indonesia), situasi pandemi Covid-19 saat ini tidak menghambat pemusatan latihan yang dijalani skuad garuda. Karena sebelum pelatihan dimulai, tentunya beberapa persiapan penting untuk penyesuaian situasi saat ini sudah dilakukan dengan baik. 

FFI juga telah memberi kepercayaan penuh terhadap tim pelatih dan pemain yang akan terlibat dalam pertandingan futsal terbesar di kawasan Asia tersebut. Besar harapan mereka, Tim Nasional Futsal Indonesia bisa saling bekerja sama dan percaya untuk menorehkan prestasi di AFC Futsal Championship 2020 yang digelar di Kuwait nanti. 

Untuk itu, TC skuad garuda pun mulai dilaksanakan di pertengahan bulan November, tidak lama menjelang pembukaan AFC Futsal Championship bulan Desember nanti. Pemusatan latihan juga akan digelar secara tertutup dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. 

Jadi, baik penggemar futsal yang ingin menonton hingga media yang ingin meliput persiapan pertandingan nantinya tidak bisa secara langsung. Selain karena pandemi Covid-19, tujuan pemusatan latihan yang digelar secara tertutup oleh timnas futsal Indonesia adalah supaya dapat fokus. 

Tim pelatih dan tim pemain pun diharapkan mampu meningkatkan kekuatan menuju Kuwait dan memastikan dirinya lolos hingga babak lima besar nantinya. 

Nah, itulah berbagai persiapan yang telah dilakukan timnas futsal Indonesia menjelang Piala Asia Futsal atau AFC Futsal Championship 2020. Dukung terus skuad garuda hingga lolos ke Piala Futsal Dunia 2021 ya!