Manfaat Bermain Futsal

Futsal adalah salah satu cabang olahraga yang kini menjadi sangat digemari semua kalangan terutama anak muda. Walaupun masih bisa dibilang tergolong baru di Indonesia, permainan ini sangat digemari para pecinta sepakbola. Cara bermainnya hampir sama dengan sepakbola, hanya saja dengan jumlah pemain yang lebih sedikit dan lebar lapangan yang jauh lebih sempit permainan futsal menyajikan skill yang lebih menarik dibandingkan dengan permainan sepakbola biasa. 

Pada dasarnya permainan futsal sama dengan sepakbola pada umumnya. Dua tim saling berlomba untuk mencetak gol ke gawang lawan. Yang menjadi pembeda dari kedua permainan ini selain jumlah pemain dan lebar lapangan adalah peraturannya. Ada beberapa peraturan yang berbeda dari futsal dan sepakbola. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

  • Pergantian pemain

Pada permainan futsal tidak ada batasan jumlah pergantian pemain dan pemain yang sudah diganti masih bisa masuk dan bermain lagi.

  • Akumulasi pelanggaran

Pada futsal ada akumulasi pelanggaran yang setiap terjadi 6 pelanggaran, tim lawan akan diberi 1 hadiah penalti. 

  • Tidak ada offside

Pada futsal tidak ada yang namanya offside karena terbatasnya ukuran lapangan. Hal ini membuat pergerakan pemain menjadi lebih bebas.

Sejarah munculnya permainan Futsal

Walaupun masih terbilang baru di Indonesia, ternyata Futsal mempunyai sejarah yang cukup panjang. Permainan ini ternyata sudah dimulai sejak tahun 1930 an di Montevideo Uruguay. Permainan ini pertama kali dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani. Semua ini bermula hanya karena kekesalan si Ceriani karena rencana latihan sepak bolanya gagal karena hujan yang membuat lapangannya menjadi tergenang air. Dari situ beliau berpikir untuk mencoba memindahkan latihan sepak bolanya ke dalam ruangan. 

Pada awalnya beliau tetap menggunakan aturan dasar sepakbola tapi karena terbatasnya ruang gerak dalam ruangan, pada akhirnya Ceriani mengurangi jumlah pemain tiap timnya dari 11 orang menjadi 5 orang saja. Dari sini mulai terlihat permainan yang lebih efektif dan juga sangat atraktif yang  menarik perhatian banyak orang di daerah Montevideo yang pada akhirnya terus merebak di daerah Amerika Selatan dan terus berkembang di seluruh dunia dengan adanya kompetisi dan turnamen dengan skala internasional. 

Permainan ini kini memang sangat digandrungi di seluruh dunia terutama oleh anak-anak muda. Permainan futsal dianggap cukup menyenangkan untuk berolahraga dan juga tidak terbatas oleh cuaca karena dilakukan di dalam ruangan. Selain olahraga menyenangkan, ternyata futsal mempunyai berbagai manfaat lainnya. Apa saja manfaat dari bermain futsal? Mari kita simak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bermain futsal.

Manfaat Bermain Futsal

  • Meningkatkan kesehatan tubuh

Dengan melakukan olahraga apapun sebetulnya kita sudah menjaga bahkan meningkatkan kesehatan pada tubuh kita. Futsal adalah olahraga dengan pergerakan tubuh yang cepat dan konsisten  yang melibatkan semua anggota tubuh sehingga dapat membantu kita untuk:

  • Menjaga kesehatan jantung

Berjalan, berlari dan melompat yang kita lakukan selama bermain futsal membuat kinerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih baik. 

  • Membakar kalori dan lemak

Selain itu, semua pergerakan yang dilakukan dalam olahraga futsal membantu tubuh dalam membakar kalori dan juga lemak tubuh. Ini bisa menghindarkan kita dari kemungkinan penumpukan lemak berlebih dan juga obesitas.

  • Membentuk kekuatan otot

Dengan rutin berolahraga futsal dapat membantu kita dalam pembentukan otot terutama pada otot kaki. Dengan terbentuknya otot otomatis daya tahan tubuh dan juga imun akan ikut terbentuk. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih bugar dan membuat kita tidak mudah lesu dan lelah. 

  • Melatih kemampuan paru-paru

Sama halnya seperti jantung, permainan futsal juga membantu kita melatih kemampuan paru-paru dalam memompa oksigen ke seluruh tubuh.

  • Menambah tinggi badan

Untuk anak-anak atau yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga futsal ini bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan tubuh karena pergerakan yang dilakukan dalam olahraga futsal tersebut.

  • Melatih Kerjasama dan Tanggungjawab

Dengan bermain futsal, kita bisa melatih kerjasama tim yang baik dan juga membangun kepercayaan antar personal dalam tim. Disini kita juga bisa belajar lebih bertanggungjawab untuk mencapai target kemenangan untuk tim.

  • Melatih kecepatan berpikir

Karena futsal adalah permainan dengan tempo yang cepat, permainan ini dapat membantu kita melatih kecepatan berpikir. Apa yang harus kita lakukan, akan dipper kemana, bagaimana cara merebut bola dan menghadang lawan, semua itu harus kita pikirkan dengan cepat dan bijak untuk menghindari gawang dari tim kita kebobolan.

  • Melepas penat

Layaknya permainan lain, futsal juga bisa sebagai pelepas penat dan stress setelah kegiatan melelahkan sehari-hari kita lalui. Berkumpul bersama teman-teman dan bermain futsal bersama cukup menyenangkan dan bisa menjadi pelepas penat dan stress kita. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan bila bermain futsal. Banyak hal yang kita bisa dapatkan selain hanya sekedar sehat dengan bermain futsal. Kamu sudah siap bermain futsal hari ini? Yuk jaga kebugaran dengan berolahraga.