Olahraga Futsal dan Keuntungan Pemain Profesional

sepatu-futsal.com – Melihat perkembangan olahraga futsal di Indonesia memang masih terbilang sedikit ulasannya untuk ditandingkan dengan olahraga sepakbola. Pertandingan dan liga futsal di Indonesia pun masih terbilang sedikit dan ketenarannya pun belum mencapai pada level penggemar sepak bola dan bulu tangkis, dan dapat dikatakan masih dalam tahap merintis.

Peranan media di Indonesia memiliki peranan andil yang lumayan besar dalam kemajuan olahraga futsal. Namun, antusiasme masyarakat atau publik belum mencapai ke tingkat yang besar untuk diterima oleh masyarakat Indonesia, mereka masih menganggap futsal hanya sebatas olahraga. Lantas bagaimana nasib pemain profesional di Indonesia?

Berikut Fakta Menarik Mengenai Pemain Futsal Profesional

Perjalanan Pemain Menuju Level Profesional

Pertandingan yang melibatkan pemain yang tidak sebanyak pertandingan sepak bola ini memiliki jaminan yang menggiurkan untuk dapat dijadikan profesi di kemudian hari. Proses untuk mencapai itu semua pun didasarkan melalui seleksi yang ketat dan bertahap. Para pemain untuk menuju level profesional bukanlah hal gampang, harus dilalui dengan level atau bermain pada liga amatir terlebih dahulu.

proses perjalanan pemain futsal profesional

Perkembangannya pun segala bentuk legalitas dalam permainan futsal pun belum terbentuk seperti sekarang ini yang dijadikan sebagai basis olahraga yang tidak kalah trend dengan sepak bola dan bulutangkis. Pada proses ini awal-awal tahun 2010 sampai 2011 prosesnya masih terbilang belum dilakukan secara profesional hanya sebatas ikatan yang verbal dan belum ada surat menyuratnya. 

Memasuki tahun 2013 an banyak dari beberapa klub mulai membuat regulasi dan penggajian dengan sistem yang lebih bagus dan profesional. Para pemain mulai dibuatkan kontrak kerja dan regulasi yang jelas, sehingga perkembangan hingga sekarang olahraga futsal masih terbilang baru. Sekarang perkembangannya jauh lebih baik, berkat mulai diliputnya berbagai media dan banyaknya kompetisi yang ditandingkan.

Baca Juga : Mengenal 3 Tim Futsal Terbaik dari Eropa

Tergantung Klub yang Menangani

Futsal sistem kerjanya hampir sama dengan sepakbola yang harus memiliki tempat atau homebase yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk berlatih, pelatih, dan asrama pemain. Semuanya harus dilakukan dan dibentuk pada organisasi yang besar dan modal yang lumayan tinggi. 

Ambil kisahnya melalui badminton atau bulu tangkis, semua atlit ditempatkan pada tempat yang khusus dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kemampuan dan tetap menjaga stamina pemain, dengan begitu para pemain dapat memunculkan energi bermainnya secara maksimal. 

Begitupun dunia futsal di Indonesia, semuanya masih tergantung oleh pemilik klub dan sponsor, selagi liga futsal terus berjalan, maka keuntungan para pemain profesional akan selalu dapat berkembang dan tidak terbengkalai. Hal yang pasti persiapan dan pendanaan untuk dapat melatih kemampuan pemain untuk bertanding pada level profesional dan internasional.

Untuk itu, perkembangan olahraga futsal masih terus dirintis dan masih memiliki peluang yang besar kemudian hari, ini menjadikan ladang yang besar untuk pemain profesional mendapatkan keuntungan. 

Tidak ketinggalan juga, peranan pemerintah harus selalu mendukung anak bangsa untuk mencorengkan nama baik bangsa dengan dukungan fasilitas, pertandingan internasional, dan regulasi yang jelas, maka kemudian hari duni futsal akan terus berkembang.

Dukungan Pemerintah Melalui FFI (Federasi Futsal Indonesia)

Banyak perhelatan besar telah terjadi di Indonesia termasuk pertandingan Asian Premier Futsal Championship. Pertandingan berskala internasional tersebut membuat angin segar untuk olahraga futsal di Indonesia dan ini menjadikannya peluang untuk berkompetisi pada level yang lebih besar dan luas.

federasi futsal indonesia

Pemerintah melalui FFI terus mendukung kemajuan futsal sebagai industri olahraga yang dapat membawa harum nama besar Indonesia dan mampu membuat futsal Indonesia tingkatan lebih tinggi. Dalam hal ini perkembangan dalam negeri terkait perkembangan futsal terus maju dengan pesat dan ini dapat dijadikan wadah yang tepat untuk kemajuan futsal di Indonesia. 

Program pemerintah terus berbenah dan menggandeng berbagai pihak untuk terus melakukan kerjasama dengan mengadakan berbagai pertandingan kelas internasional, memajukan berbagai fasilitas, dan komitmen dalam memperhatikan kualitas pemain.

Peluang Besar dan Keuntungan Bagi Pemain Profesional

Olahraga futsal sedang menuju ke arah yang lebih baik dengan berbagai pertandingan internasional memasuki Indonesia. Perkembangan ini menjadi atmosfir baru untuk para pemain menuju level profesional yang diharapkan. Antusiasme masyarakat pun mulai tertuju untuk menikmati dan mengenal lebih jauh olahraga futsal, sehingga perlahan dukungan mulai ada.

keuntungan pemain futsal profesional

Jika kamu mempunyai kemampuan bermain futsal terus asa dan tentukan target untuk mencapai impian menjadi pemain profesional, karena kedepannya akan banyak keuntungan. Melalui Hary Tanoesoedibjo dunia futsal Indonesia sudah memiliki panggung sendiri dengan hadirnya media untuk mengangkatnya.Tidak lepas dari itu saja, berbagai kebijakan terus dilakukan untuk mencapai level yang seharusnya. 

Sementara ini dunia futsal di Indonesia memang terbilang belum sempurna, tetapi melalui usaha dan menghidupkan industri tersebut, kedepannya olahraga futsal di Indonesia akan lebih maju dan inilah keuntungan bagi para profesional untuk dapat berkarir dan mengembangkan bakatnya.

Jika Anda tertarik meniti karir di futsal, maka pastikan juga Anda didukung oleh perlengkapan futsal terbaik yang mumpuni agar semakin maksimal dalam menunjang kemampuan bermain Anda. Nah, untuk kebutuhan tersebut Anda bisa coba dengan meminjam di aplikasi pinjaman online OJK yang resmi dan terdaftar untuk mendapatkan pendanaannya yang diperuntukkan membeli perlengkapan futsal terbaik.