Pemain Futsal Profesional Indonesia yang Berlaga di Sepakbola

Mengingat hubungan antara futsal serta sepak bola, nyatanya ada beberapa atlet dari salah satu cabang olahraga tersebut yang mencoba keduanya. Futsal juga sepak bola memang mempunyai teknik dasar serupa. Hanya saja, luas dari lapangannya untuk pertandingan juga peraturannya memiliki beberapa perbedaan.

Karena hal tersebut tidak mengherankan bila banyak atlet futsal, kemudian masuk ke dunia sepak bola. Bahkan ada juga yang sebelumnya pernah menjadi salah satu anggota tim futsal profesional sampai dengan tim nasional berpindah ke sepak bola. 

Lima pemain futsal profesional yang kemudian berkarir di sepak bola

Muhammad Sanjaya

Muhammad Sanjaya merupakan mantan tim nasional futsal untuk U-20, telah resmi berpindah sejak bulan April lalu dan menjadi pemain di Semen Padang. Satu hari sebelum pemberitaan bahkan dia telah menyampaikan berita tersebut melalui akun media sosial pribadinya.

Dengan begitu Muhammad Sanjaya, pemuda kelahiran 9 September 1999 ini telah menambah deretan panjang atlit futsal yang berpindah ke sepak bola di Indonesia.

Alfath Fathier

Siapa yang sangka bila Alfath Fathier sebelum menjadi seorang atlet sepak bola merupakan pemain futsal, bahkan pernah tergabung dalam tim yang berasal dari Kota Bandung dan terjun pada Liga Futsal di tahun 2013.

Bahkan saat itu mendapatkan posisi runner up, karena dikalahkan oleh Electric PLN. Alfath Fathier yang kini bergabung dengan Persija Jakarta, pernah menjadi salah satu anggota dari FC Libido Bandung, kemudian di tahun 2013 bermain bersama Diklat Persib hingga saat ini.

Natanael Siringoringo

Natanael Siringoringo yang kerap disapa Nael merupakan atlit futsal berikutnya yang akhirnya menjadi seorang pemain sepak bola dan saat ini berkarier di tim negara tetangga Malaysia, yakni Kelantan FC.

Sebelumnya Nael pernah memperkuat SDR FC pada PFL di tahun 2018, pernah juga menjadi anggota yang memperkuat tim futsal U-21 asuhan Kensuke Takahashi. Kemudian Nael mengikuti seleksi yang diadakan oleh PSMS kota Medan dan menjadi pesepak bola.

Abdul Aziz

Abdul Azis Lutfhi Akbar atau lebih dikenal dengan nama Abdul Azis juga merupakan pemain sepak bola yang mengawali karirnya di liga futsal dan teman satu tim dari Alfath Fathier di Libido FC. Walau demikian, dia pernah masuk ke tim junior milik Persib pada tahun 2011 hingga 2014.

Kemudian sempat berpindah ke PSMS Medan, lalu kembali pada Liga 1 di tahun 2019. Sekarang Abdul Azis merupakan seorang atlet penting bagi Pangeran Biru. Keahliannya selama menjadi pemain futsal kerap kali dipertunjukkan pada tiap pertandingan sepak bola yang diikutinya.

Topas Pamungkas

Walau nama Topas Pamungkas kurang familiar, namun pesepak bola asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan atlet yang pernah menjadi wakil Indonesia di ajang futsal Internasional. Karena kecakapannya, dia mampu membela tim futsal RI pada piala AFF cabang futsal pada tahun 2008, bahkan berhasil meraih top skor dan mendapatkan 7 gol.

Walaupun  gemilang di pada ajang futsal, Topas memilih untuk berpindah haluan dan bergabung dengan PSIM Yogyakarta di tahun 2013. Topas juga sempat mengenakan seragam PS Sleman sebelum akhirnya hengkang dan beralih ke PSIS Semarang. Kini, Topas memilih untuk menjadi seorang pelatih dan mendirikan sebuah akademi futsal.

Perbedaan futsal dan sepakbola

Walau ada kesamaan antara futsal dan sepak bola, kedua cabang olahraga ini tetap miliki perbedaan yang cukup terlihat. Berikut adalah beberapa perbedaan antara futsal dan sepakbola :

1. Arena

Hal pertama adalah ruang yang digunakan. Pada futsal, hanya membutuhkan lapangan yang berada di dalam ruangan dan mempunyai luas yang jauh lebih kecil dibandingkan lapangan sepak bola.

2. Waktu permainan

Dibandingkan dengan sepak bola, permainan futsal memiliki waktu yang lebih cepat. Hal itu disebabkan karena ruang geraknya yang terbatas, selain itu jika lapangan sepak bola pasti menggunakan rumput sebagai alas lapangan. 

Sedangkan lapangan futsal merupakan lantai dan tentunya akan menjadi licin bila terkena tetes keringat dari pemain. Durasi dari permainan futsal juga lebih pendek, yaitu 20 menit. Berbeda dengan sepak bola yang memiliki durasi cukup panjang, yakni 45 menit.

3. Aturan offside

Selain itu, bila sepak bola mempunyai aturan offside dengan melarang untuk menyerang lawan ketika berada di posisi yang melebihi pertahan dari lawan. Maka, futsal tidak mempunyai aturan seperti itu, jadi akan membuat striker bisa tetap berada (menggantung) di bagian depan.

4. Jumlah pemain

Perbedaan paling mencolok yang dimiliki oleh futsal dan sepak bola adalah jumlah pemainnya. Perbedaan yang satu ini sangatlah signifikan, karena seperti yang Anda tahu bila sepak bola jumlah pemainnya, yaitu 11 orang. Sedangkan pada futsal, hanya lima orang saja. Hal ini juga dikarenakan arena bermain yang terbatas.

5. Pergantian pemain

Perbedaan berikutnya adalah aturan dalam pergantian pemainnya. Bila sepak bola memiliki batasan untuk berganti pemain, futsal tidak memiliki batasan bagi tiap tim yang ingin mengganti pemainnya.

Itulah tadi informasi mengenai pemain-pemain futsal profesional yang memilih berpindah haluan menjadi seorang atlit sepak bola, bahkan ada diantara mereka yang menjadi salah satu pemain di Malaysia.