Peraturan yang Ada Dalam Permainan Futsal

sepatu-futsal.com – Futsal menjadi alternatif olahraga untuk mereka yang menyukai sepakbola. Mengapa tidak bermain sepakbola saja? Hal ini disebabkan singkatnya permainan futsal sehingga tidak menghabiskan waktu bagi mereka yang cenderung sibuk.

Selain itu, futsal dilakukan di dalam ruangan sehingga bisa dimainkan kapan saja. Futsal sendiri merupakan olahraga sepakbola yang dilakukan di dalam ruangan dengan waktu permainan yang lebih singkat.

Untuk Anda yang ingin mendalami mengenai futsal, berikut beberapa peraturan dasar yang perlu dipahami sebelum bermain:

  1. Lapangan

Futsal adalah permainan sepakbola dalam ruang. Sehingga peraturan dan perangkat permainannya pun disesuaikan. Salah satunya adalah luas lapangan yang digunakan. Panjang lapangan futsal minimal 25 meter dengan lebar minimal 15 meter. Sedangkan luas maksimal terdiri dari panjang 42 meter dan lebar 25 meter.

lapangan futsal

Sedangkan standar internasional mensyaratkan panjang lapangan minimal 38 meter dan maksimal 42 meter dengan lebar minimal 18 meter dan maksimal 25 meter. Selain itu, lapangan futsal harus mempunyai permukaan yang mulus dan tidak kasar. Material beton atau bata tidak dianjurkan digunakan di area lapangan futsal, namun yang disarankan adalah menggunakan kayu atau material buatan lainnya.

  1. Gawang

Seperti halnya dengan sepakbola, ada dua gawang yang digunakan untuk 2 tim dengan ukuran lebar 2 meter dan panjang 3 meter. Kedua tiang vertikal dan horizontal harus memiliki diameter 8 cm dan menggunakan net dari tali nilon, rami ataupun goni.

  1. Pemilihan Tempat

Koin digunakan untuk menentukan pemilihan tempat bagi setiap tim. Untuk tim yang menang dapat memilih tempat yang diinginkan. Namun tendangan pertama diberikan kepada tim yang kalah undian koin. Sedangkan tim yang menang dapat melakukan tendangan pertama di babak kedua setelah kedua tim pindah tempat.

Baca Juga : 4 Situs Gratis Untuk Buat Logo Online, Lebih Praktis!

  1. Bola

Bola yang digunakan berbentuk bulat dengan diameter 62 – 64 cm, terbuat dari kulit atau material lainnya, dengn berat bola yang diizinkan adalah minimal 400 gr dan maksimal 440 gram. Jika terjadi bola pecah, maka pertandingan harus dihentikan dan akan dimulai kembali dengan cara menjatuhkan bola pengganti di tempat bola pertama rusak.

bola futsal fifa

 

Syarat lain untuk bola adalah tidak boleh terbuat dari bulu, dan mempunyai pantulan kurang dari 65 cm dan lebih dari 55 cm.  Sedangkan dalam pertandingan resmi FIFA, bola yang digunakan harus  mempunyai logo FIFA INSPECTED atau FIFA APPROVED.

  1. Waktu Pertandingan

Seperti halnya sepakbola, futsal juga dimainkan dalam dua babak dengan waktu masing-masing 20 menit dan waktu istirahat maksimal 15 menit setiap babak. Waktu ini tidak termasuk jika ada prosedur penghentian permainan karena terjadinya insiden.

Time out diberikan kepada setiap tim masing-masing 1 kali selama 1 menit di setiap babak dan tidak berlaku rapel. Time out ini hanya bisa diajukan ke wasit jika tim sudah menguasai bola.

  1. Penentuan Pemenang

Bola dianggap gol jika bola melewati garis gawang di bawah mistar milik tim lawan. Gol dianggap sah jika tidak tersentuh tangan tim penyerang serta tidak dilempar. Termasuk kiper, juga tidak boleh melakukannya.

Tim yang mencetak gol lebih banyak dan sah menjadi pemenang pertandingan. Jika gol yang dihasilkan sama banyak atau sama-sama tidak mencetak gol, maka pertandingan dianggap seri. Jika terjadi seri, FIFA membolehkan adanya perpanjangan waktu atau prosedur lainnya untuk mendapatkan pemenang pertandingan.

  1. Pelanggaran

Pelanggaran bisa berbentuk teknik atau non teknik. Hukuman yang diberikan berupa tendangan bebas.

pelanggaran dalam futsal

Beberapa pelanggaran yang dianggap pelanggaran berat adalah:

  1. Menendang lawan
  2. Mengganjal lawan
  3. Menyerang lawan dengan menggunakan bahu atau memukul lawan
  4. Mendorong atau memukul lawan
  5. Memegang bola secara sengaja

Pelanggaran ringan berupa kiper memegang bola dari timnya tanpa sebelumnya disentuh oleh tim lawan.

  1. Kartu
  • Kartu kuning akan menjadi hukuman bagi pemain yang mengeluarkan kata-kata hinaan, mengulangi pelanggaran meski sudah diperingatkan, mengulur-ulur waktu dimulainya pertandingan, atau sengaja meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit.
  • Kartu merah akan dikeluarkan wasit bagi pemain yang menghina lawan dan bermain kasar, menghalangi gol lawan dengan menggunakan tangan, atau mendapat kartu kuning kedua. Mengenai kartu merah, sedikit berbeda dari peraturan sepakbola, tim boleh memasukkan pemain pengganti yang mendapat kartu merah dalam waktu kurang dari dua menit.
  1. Tendangan Hukuman
  • Tendangan bebas tidak langsung hanya akan diberikan kepada tim lawan untuk pelanggaran ringan dan diambil dari titik terjadinya pelanggaran. Gol dianggap sah jika tim lawan sudah menyentuh bola sebelum masuk gawang. Tim bertahan dapat membuat dinding pertahanan dengan jarak 5 meter dari bola.
  • Tendangan bebas langsung diberikan kepada tim lawan jika terjadi pelanggaran berat. Boleh langsung menciptakan gol dan tim bertahan dapat membuat dinding pertahanan dengan jarak 5 meter dari bola.