Perbedaan Ukuran dan Berat Bola Futsal dan Sepak Bola

Futsal dan sepak bola adalah olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia. Keduanya memiliki kemiripan, tapi tetap ada perbedaan yang sangat terlihat. Tapi, tidak banyak yang mengetahui perbedaan keduanya, apalagi banyak yang mengatakan bahwa futsal adalah sepak bola mini. Maka banyak yang mengira bahwa keduanya sama. Salah satu perbedaan yang paling mendasar adalah dari ukuran dan berat bola yang digunakan pada futsal dan sepak bola. 

Perbedaan ukuran dan berat Bola Futsal dan Sepak Bola 

Meski sama-sama menggunakan bola dalam permainannya, tapi pada bola futsal dan sepak bola mempunyai perbedaan ukuran serta beratnya. Tidak hanya itu saja, ada beberapa perbedaan lain yang juga perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah perbedaan ukuran dan berat pada bola futsal dan sepak bola: 

  • Ukuran 

Dalam kompetisi resmi, ada standar ukuran bola untuk futsal dan sepak bola yang sudah diatur oleh FIFA. Bola futsal mempunyai ukuran diameter 62 cm hingga 64 cm, sedangkan untuk bola sepak mempunyai diameter dari 68 cm hingga 72 cm. 

  • Berat bola 

Tidak hanya itu saja, berat dari bola futsal dan bola juga berbeda dan sudah diatur juga oleh FIFA. Di mana untuk bola futsal mempunyai berat 400 gr hinga 440 gr, sedangkan bola sepak mempunyai berat 396 gr hingga 453 gr. 

Selain dari ukuran dan beratnya, ada perbedaan lain antara bola futsal dan bola sepak, berikut ini adalah perbedaannya: 

  • Tekanan pada bola 

Tidak hanya itu saja, ada perbedaan dari tekanannya. Untuk tekanan bola futsal adalah 0,4 hingga 0,6 atmosfir. Sedangkan untuk sepak bola mempunyai tekanan 8 hingga 12 psi. 

  • Pantulan bola 

Selain itu, tinggi pantulan antara bola futsal dan bola sepak juga berbeda. Apabila kedua bola dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka bola futsal hanya akan memantul sekitar 55 cm. Sedangkan pada bola sepak akan memantul 60 cm. 

  • Bahan bola 

Tidak hanya itu saja, untuk bahan pada bolanya pun berbeda. Pada bola sepak biasanya menggunakan campuran dari bahan karet pada bagian luar dan dilapisi dengan bahan sintetis agar bisa menahan tendangan dan kondisi lapangan berumput. Sedangkan pada bola futsal menggunakan bahan kulit. 

Perbedaan Lain Antara Futsal dan Sepak Bola 

Setelah mengetahui perbedaan pada bola futsal dengan bola sepak dari segi ukuran dan beratnya, maka ada baiknya Anda juga tahu perbedaan lain antara kedua jenis olahraga ini. Berikut ini adalah perbedaan antara futsal dan sepak bola: 

  • Lapangan 

Perbedaan paling pertama terlihat dari lapangan yang digunakan keduanya. Pada pertandingan resmi, lapangan sepak bola harus menggunakan rumput asli. Tidak hanya itu saja ukuran untuk lapangan bola memiliki panjang 90 meter hingga 120 meter dan lebar 45 meter hingga 90 meter. 

Berbeda dengan lapangan futsal yang menggunakan rumput sintetis ataupun vinyl dan lapisan dasarnya biasanya menggunakan semen atau beton. Untuk ukuran lapangan futsal tidak sebesar lapangan sepak bola, di mana panjangnya adalah 25 meter hingga 42 meter dengan lebar 15 meter hingga 25 meter. 

  • Jumlah pemain 

Perbedaan selanjutnya jelas terlihat dari jumlah pemain yang ada. Dalam satu tim sepak bola pemain yang akan bertanding terdiri diri 11 orang dan masih belum dengan pemain cadangan. Sedangkan untuk futsal, jumlah pemain dalam satu tim yang bertanding di lapangan adalah 5 orang dan belum termasuk dengan pemain cadangan. 

  • Ukuran gawang 

Kedua olahraga ini pun mempunyai ukuran gawang yang berbeda. Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap ukuran lapangan antara keduanya. Untuk ukuran gawang pada lapangan futsal sudah pasti lebih kecil daripada gawang di lapangan sepak bola. Gawang futsal biasanya mempunya ukuran tinggi 2 meter dengan lebar 3 meter. Sedangkan untuk gawang sepak bola mempunyai tinggi 2,44 meter dengan tinggi 7,32 meter. 

  • Waktu pertandingan 

Tidak heran jika futsal sering disebut dengan sepak bola mini, karena durasi atau waktu pertandingan pun berbeda. Pada futsal waktu pertandingan lebih pendek dibandingkan dengan sepak bola. 

Walaupun keduanya sama-sama terdiri dari dua babak, tapi setiap babaknya mempunyai durasi yang berbeda. Pada pertandingan futsal 1 babak memiliki waktu 20 menit, sehingga total 2 babak adalah 40 menit, di mana waktu tersebut belum termasuk dengan waktu istirahat pergantian babak. 

Sedangkan pada pertandingan sepak bola, satu babaknya dijalankan selama 45 menit sehingga total pertandingan akan berjalan 90 menit dan belum termasuk waktu istirahat pergantian babak. Baik pertandingan futsal dan sepak bola, jeda waktu antara babak pertama dan kedua adalah 15 menit. 

  • Tambahan waktu 

Pada pertandingan sepak bola dan futsal, biasanya akan ada tambahan waktu bila hasil pertandingan dua babak mendapatkan skor seri. Tapi, tambahan waktu keduanya pun berbeda, di mana pada pertandingan futsal hanya diberikan 2×5 menit saja. Sedangkan untuk sepak bola adalah 2×15 menit. 

Selain kelima perbedaan di atas, masih banyak lagi perbedaan lain seperti jumlah wasit, batasan pergantian pemain dan lain sebagainya. Tapi untuk aturan dasar keduanya sama, yaitu yang paling banyak mencetak gol adalah tim yang menang.