Perkiraan Modal Usaha Lapangan Futsal Sederhana

sepatu-futsal.com – Kian hari peluang usaha futsal semakin meningkat, terlebih cukup banyak konsumen yang dapat ditargetkan dalam bisnis ini. Sebut saja para karyawan yang sibuk bekerja, mahasiswa, pelajar, maupun konsumen dari kalangan lainnya yang terus membuat bisnis futsal kebanjiran untung besar. 

Di awal memulai bisnis ini, memang cukup mahal biaya investasi yang harus dikeluarkan. Namun hal tersebut sepadan dengan kemungkinan untung besar serta kemudahan mengurusnya, sehingga sangat wajar bila mulai banyak pemain baru bermunculan. Bisnis futsal dapat menjadi aset jangka panjang apabila para pemiliknya dapat menemukan cara lain menghasilkan keuntungan. Seperti menjual perlengkapan olahraga, jersey, kantin, cafe dan masih banyak lagi, sehingga tidak hanya mengandalkan pemasukan dari persewaan lapangan saja. Salah satu artis yang berhasil menjajal bisnis futsal di Indonesia adalah Darius. 

Jika Anda memiliki keinginan mencoba bisnis futsal, maka jangan takut untuk memulainya. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang bisnis ini, mulai dari modal usahanya sampai perhitungan tentang keuntungan yang bisa diperoleh. Berikut ini ada perkiraan modal usaha lapangan futsal sederhana berikut dengan tips-tips berbisnis yang dapat diikuti pemula. Apa saja? Simak yuk!

Kira-Kira Modal Usaha Lapangan Futsal Habis Berapa?

Apakah Anda sangat ingin terjun langsung ke dalam bisnis lapangan futsal? Hal pertama yang harus diketahui adalah modal bisnis ini sangatlah besar, jadi jika ingin mendapat keuntungan para pelakunya harus benar-benar konsisten mengembangkan bisnis ini.

perkiraan modal usaha lapangan futsal

Untungnya bisnis futsal memiliki target konsumen luas dan akan selalu cerah selagi animo masyarakat terhadap jenis olahraga ini tidak surut. Para pemilik lapangan futsal dijamin akan kebanjiran untung besar setiap harinya. Nah, pelajari teknik perhitungan modal usaha lapangan futsal berikut ini.

1. Biaya yang Dihabiskan untuk Lapangan Futsal

Lapangan futsal ternyata memiliki beberapa jenis dan menjadi pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh seorang pebisnis. Masing-masing dari jenis lapangan futsal tentu memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahuinya, sehingga mudah bagi Anda memilih dengan tepat jenis lapangan futsal paling sesuai dengan kebutuhan dan paling awet digunakan. Berikut ini jenis lapangan futsal, kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui jika ingin menjalankan bisnis ini.

  • Lapangan vinyl, memiliki permukaan lembut karena terbuat dari karet. Jenis lapangan ini sangat disukai karena ratanya permukaan lapangan dapat membuat bola meluncur dengan mulus. Sayangnya jika ada orang-orang yang melakukan rush ada resiko cedera pinggul.
  • Lapangan rumput sintetis, bahannya yang empuk dapat menjaga keamanan pemain. Sayangnya sering membuat kulit lecet dan membutuhkan sepatu khusus untuk bermain di atasnya.
  • Lapangan parquette, lebih banyak dipakai di kawasan Amerika dan Eropa. Memiliki permukaan paling kesat namun mudah rusak jika cuaca lembab.
  • Lapangan taraflex, enak digunakan karena terbuat dari bahan plastik. Permukaan lapangan futsal ini tidak licin namun jika sudah terlepas salah satu bagiannya, dapat menghambat bola yang meluncur.

Pembuatan lapangan futsal memang menghabiskan banyak biaya. Untuk membangun pondasi dan lantainya saja membutuhkan modal sebanyak Rp. 80.000.000. Biaya tersebut baru permulaan, karena untuk memasang rumput sintetis atau bahan lain di lapangan futsal membutuhkan biaya hingga Rp. 80.000.000 – Rp. 90.000.000. 

Baca Juga : Apa Bedanya Bola Futsal dengan Bola Sepak? Yuk Cari Tahu!

2. Biaya Konstruksi dan Peralatan Lapangan (Gawang, Lampu, Bola, dsb)

Memang banyak sekali biaya investasi yang dibutuhkan dalam bisnis lapangan futsal. Bahkan untuk satu lapangan saja bisa menghabiskan biaya hingga ratusan juta rupiah. Akan tetapi, jika pemiliknya mampu mengelola dengan baik, maka tidak mungkin bisnis ini berubah menjadi ladang uang paling menguntungkan. 

Sebelumnya sudah diperkirakan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk menyiapkan lapangan futsal. Perkiraan selanjutnya yang harus segera dipikirkan adalah modal konstruksi dan peralatan lapangan. Mari kita hitung berapa jumlah uang yang dibutuhkan untuk menyiapkan lapangan futsal hingga akhir, dengan asumsi bahwa Anda sudah memiliki lahan atau tanah. 

  • Konstruksi tiang baja dan sebagainya, membutuhkan biaya sekitar: Rp. 170.000.000.
  • Peralatan lapangan futsal, seperti bola, jaring, lampu, gawang dan sebagainya membutuhkan biaya sekitar: Rp. 12. 000.000.
  • Biaya perawatan dan pemeliharaan per tahun: Rp. 12.000.000
  • Biaya operasional dan lain-lain per tahun Rp. 40.000.000

Jika modal perhitungan biaya konstruksi, peralatan dan pembangunan lapangan futsal dijumlah secara keseluruhan, maka total yang didapat sekitar Rp. 400.000.000.

Tips dan Cara Memulai Bisnis Futsal dengan Keuntungan Menjanjikan

  1. Tentukan lokasi usaha lapangan futsal dengan tepat.
  2. Berikan variasi lapangan futsal yang bisa dipilih konsumen.
  3. Tambahkan beberapa layanan dalam lapangan futsal, misalnya kantin atau cafe, televisi, jersey, toilet dan sebagainya.
  4. Pastikan sirkulasi udara bagus dalam gedung lapangan futsal.
  5. Sering-sering memberikan bonus menarik kepada pelanggan yang sudah beberapa kali menyewa lapangan futsal.
  6. Adakan turnamen futsal untuk menarik minat pelanggan dan menjadi salah satu cara promosi terbaik.

Nah, itulah perkiraan modal usaha lapangan futsal sederhana berikut tips memulai bisnis futsal dengan keuntungan menjanjikan. Selamat mencoba!