Posisi-posisi Dalam Permainan Futsal dan Perannya

Futsal adalah salah satu olahraga yang sangat popular, hal ini tidak lain karena olahraga ini disebut dengan sepak bola mini. Futsal memang sangat mirip dengan sepak bola dan mempunyai aturan yang juga tidak terlalu berbeda. Tapi, dalam futsal ada posisi-posisi pemain serta perannya, di mana tidak banyak yang tahu akan hal ini. Bagi Anda yang ingin bermain futsal, lebih baik mengetahui terlebih dahulu seluruh posisi dan perannya. 

Sejarah Awal Mula Futsal 

Sebelum membahas tentang posisi di dalam permainan futsal, mungkin ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana sejarah dari olahraga yang satu ini. Pertama kali futsal dimainkan di Uruguay pada tahun 1930. Permainan ini dimainkan oleh seorang pelatih sepak bola pada kala itu yang bernama Juan Carlos Ceriani. 

Tapi ada pula yang berpendapat bahwa olahraga yang satu ini berasal dari Brazil atau Kanada. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi persoalan berarti, karena nyatanya di Brazil peraturan futsal telah dibuat dan akhirnya diakui oleh FIFA. Dari Brazil inilah futsal semakin berkembang pesat di Amerika Latin hingga terkenal ke seluruh dunia. 

Selanjutnya, futsal masuk ke wilayah Eropa dan pertama kali dimainkan di Italia pada sekitar tahun 1950 an. Awal mula futsal bisa terkenal adalah karena ada pemain dari Amerika Latin yang kala itu bermain di Liga Seri A dan dikontrak oleh salah satu klub sepak bola di sana. Sedangkan Inggris sudah terbiasa latihan sepak bola dengan satu tim hanya diisi oleh enam orang. 

Lalu, Spanyol adalah negara yang juga berpengaruh besar terhadap perkembangan futsal. Di negara ini futsal menjadi sangat terkenal dan disukai oleh seluruh penggemar sepak bola. Hal ini tidak lepas dari gaya permainan sepak bola dari Spanyol yang sangat mirip dengan permainan bola Amerika Latin. Dari rentetan sejarah tersebut, membawa futsal menjadi olahraga yang popular bahkan diadakan turnamen hingga tingkat dunia. 

Peraturan Dalam Futsal 

Selanjutnya Anda harus memahami bagaimana peraturan dalam futsal ini. Pada dasarnya peraturannya sangatlah mudah karena mirip dengan sepak bola. Tapi, tetap saja ada perbedaan yang menjadikan futsal ini sama menariknya dengan sepak bola. Berikut ini adalah peraturannya: 

  • Ukuran lapangan futsal

Untuk ukuran lapangannya adalah panjang mulai dari 25 meter hingga 42 meter, kemudian lebar hingga 16 meter hingga 25 meter dan ini adalah ukuran untuk lapangan dalam kompetisi nasional. Sedangkan untuk kompetisi internasional, ukuran panjang lapangan adalah 38 meter hingga 42 meter, lalu lebarnya adalah 20 meter hingga 25 meter. 

  • Bola 

Sedangkan untuk bola futsal yang digunakan mempunyai ukuran diameter 62 cm hingga 64 cm dengan berat antara 400 gr hingga 440 gram. 

  • Jumlah pemain 

FIFA telah menentukan jumlah pemain dalam futsal yaitu total 12 pemain dalam satu tim. Di mana 5 pemain akan bermain di lapangan dan 7 sisanya adalah pemain cadangan. 

  • Durasi 

Dalam pertandingan futsal terdapat 2 babak di dalam satu pertandingan. Masing-masing babak mempunyai durasi 20 menit dan jeda pergantian babak adalah 15 menit. 

  • Wasit 

Dalam pertandingan resmi futsal, ada 4 wasit yang akan bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan. 

Posisi dalam Futsal Serta Perannya 

Dari penjelasan di atas, sudah diketahui bahwa dalam permainan futsal ada 5 orang yang akan bermain di lapangan dan 7 orang adalah pemain cadangan. Dari 5 orang yang bermain tersebut, dibagi menjadi 4 posisi dan mempunyai peran yang berbeda. Berikut ini adalah posisi dalam futsal dan perannya:

  • Kiper 

Posisi pertama adalah kiper yang sudah pasti akrab di telinga Anda. Kiper memiliki posisi di bagian pertahanan, di mana tugasnya yang paling utama adalah menjaga gawang agar bisa menahan tendangan lawan agar tidak tercipta gol. Kiper pada futsal mempunya posisi dan peran yang sama dengan kiper di sepak bola. 

  • Anchor 

Posisi selanjutnya yang ada di futsal adalah Anchor yang biasanya berada di depan kiper. Bisa dibilang anchor ini seperti posisi bek yang memiliki tugas untuk menahan serangan dari lawan. Tapi, anchor di futsal tidak hanya bertahan saja. Ia juga harus bisa mengatur pertandingan untuk melakukan serangan mematikan. Sehingga bisa dikatakan anchor memiliki tugas yang krusial agar bisa membuat serangan pertama berhasil. 

  • Flank 

Posisi yang satu ini bisa dikatakan sebagai penyerang mematikan yang biasanya berada di samping lapangan. Perannya sendiri sangatlah penting agar bisa mendapatkan peluang dalam menciptakan gol ke gawang lawan. Flank ini biasanya akan bekerja sama dengan anchor dan pivot untuk masuk dan menyerang daerah lawan. 

  • Pivot 

Posisi terakhir adalah pivot yang menjadi salah satu ujung tombak dari seluruh tim dalam menciptakan gol. Pivot memiliki peran penting membuat peluang yang diberikan anchor dan flank untuk menjadi gol. Maka tidak heran, jika pivot biasanya memiliki kemampuan balance dan analisis tepat dalam pertandingan futsal. 

Itulah beberapa posisi dalam permainan futsal beserta perannya. Dalam permainan futsal yang paling utama adalah kerja sama apik, baik dalam menyerang ataupun bertahan.