Urutan Rangking Timnas Futsal Asia 

sepatu-futsal.com – Walaupun tidak menggelar satupun laga uji coba Internasional di awal 2020 lalu, ranking tim futsal Indonesia tidak ada perubahan sama sekali. 

Meski sempat melorot pada tahun 2019, rangking timnas futsal Indonesia perlahan-lahan naik dan berhasil kembali ke peringkat 10 besar se-Asia berkat lolos ke final AFF Futsal 2019 yang digelar di Vietnam bulan Oktober ditambah kelolosan timnas futsal Indonesia ke AFC Futsal Championship 2020. 

Seharusnya rangking timnas futsal Indonesia dapat kembali berubah apabila jadwal uji coba melawan Jepang di akhir tahun lalu dan rencana untuk menghadapi beberapa Negara Asia di awal 2020 terwujud. Akan tetapi, kita semua merasakan wabah virus Corona yang dimana menunda AFC Futsal 2020 yang dijadwalkan akhir Februari lantas berimbas dengan dibubarkannya timnas futsal Indonesia.

Hingga saat ini timnas futsal Indonesia masih berada di rangking 45 dunia dengan 1000 poin. Sedangkan untuk regional Asia Indonesia menduduki posisi 10 tepat di bawah Vietnam serta di atas Irak. Sementara itu Iran masih menjadi tim terkuat di kancah Asia dengan mengantongi 1603 poin kemudian disusul oleh Jepang dan juga Thailand di posisi dua dan tiga.

Berikut Rangking Futsal Asia Terbaru per Januari 2021

  • Iran (1609 poin)
  • Jepang (1368)
  • Thailand (1325)
  • Uzbekistan (1195)
  • Australia (1177)
  • Lebanon (1103)
  • Republik Kirgizstan (1071)
  • Kuwait (1066)
  • Vietnam (1046)
  • Indonesia (1000)

Pada awal 2021 ini terdengar isu yang tidak mengenakkan bagi dunia Futsal Asia. Rumor atau isu tersebut yakni AFC Futsal Championship dikabarkan akan kembali tertunda. Tentu saja kondisi tersebut membuat beberapa Negara peserta merasakan ketidakpastian akan gelaran ini.

timnas futsal indonesia
Ajang bergengsi se-antero Asia ini telah beberapa kali mengalami pengunduran waktu yakni dari awal Februari sampai Maret di Turkmenistan tahun 2020 dan lantas sempat di pindah ke tanggal 5 sampai 16 agustus yang akhirnya diputuskan untuk digelar di tanggal 2-13 Desember di Kuwait.

Akan tetapi pada Oktober tahun 2020 keputusan tersebut resmi dibatalkan yang mengarahkan AFC mengundur kembali laga kepada tanggal 23 Maret sampai dengan 3 April 2021, dan yang terbaru beberapa sumber menyatakan bahwa AFC telah mengumumkan penundaan hingga yang paling buruk soal pembuatan event AFC. Tiada lain yang menjadi penyebabnya adalah wabah Covid-19.

Di gelaran AFC sendiri, timnas futsal Indonesia bergabung dengan grup C yang berisikan Bahrain, China dan Uzbekistan. Juara dan runner up grup akan mengamankan tempat ke babak perempat final. Berbicara mengenai kesempatan, Indonesia cukup berpeluang lolos dari grup ini, mengingat torehan yang telah diperlihatkan oleh timnas futsal Indonesia sangat membanggakan sebelum dilanda Pandemi.

Perlu diketahui bahwa gelaran AFC begitu berpengaruh dengan gelaran bergengsi lainnya yakni pentas terbesar sekelas ajang Piala Dunia (PD) Futsal 2021, yang rencananya akan digelar di Negara Lithuania. Untuk ajang piala dunia tersebut hingga saat ini masih terus berlanjut belum ada tanda-tanda penundaan atau bahkan pembatalan event.

Baca Juga : 4 Tips Bijak Mengatur Dompet Digital Untuk Memenuhi Hobi Futsal

Lalu apa pengaruhnya terhadap timnas Indonesia ? Sebab apabila AFC Futsal Championship batal digelar maka akan muncul beberapa prediksi yang pasti tidak menguntungkan bagi Timnas Futsal Indonesia. Sebab peluang untuk bisa lolos ke ajang sekelas piala dunia 2021 bisa semakin menipis atau bahkan hilang. 

Menurut desas desus yang berkembang yakni jika kualifikasi dibatalkan, maka akan ada lima wakil Asia yang bakal dipilih sesuai dengan kiprah mereka pada 3 gelaran terakhir yang mereka lakoni di AFC Futsal Championship.

Apabila isu tersebut benar, maka lima tim terbaik di AFC Futsal ialah Iran, Uzbekistan, Jepang, Vietnam serta Thailand. Timnas Iran menjadi Negara tersukses dengan meraih dua gelar berturut-turut yakni pada tahun 2016 dan 2018, sementara timnas Jepang berhasil menjuarai tahun 2014.

Kemudian sisanya tim-tim lain membayangi di posisi runner up sampai empat besar. Persyaratan tersebut tentu akan semakin menyulitkan timnas futsal Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia Futsal 2021. Sebab dari 3 gelaran terakhir, timnas Indonesia hanya lolos pada gelaran 2014 walaupun gagal lolos di fase grup.

Padahal apabila AFC Futsal ini jadi digelar, nantinya akan tersedia 5 slot untuk mendapatkan tempat di ajang PD Futsal 2021 di Lithuania. 5 slot tersebut yakni empat semifinalis serta tambahan 1 tim melalui jalur pertandingan Play-off.

Selain percobaan untuk bisa menembus semifinal ajang AFC Futsal, timnas Indonesia tentu bisa menambah poin untuk mendongkrak peringkat timnas futsal yang saat ini berada di urutan 10 se-Asia, serta kokoh berada di Top 4 ASEAN di bawah timnas Thailand, Vietnam dan juga Australia.

Pastinya Indonesia bisa berpotensi untuk mengejutkan dunia dengan meraih tiket ke Piala Dunia Futsal 2021 serta mendongkrak rangking dunia yang saat ini berada di urutan 45. Semoga akan ada angin segar tentang pergelaran turnamen yang banyak tertunda saat ini.