Apa Bedanya Bola Futsal dengan Bola Sepak? Yuk Cari Tahu!

sepatu-futsal.com – Apakah Anda menyukai olahraga sepak bola? Lalu, bagaimana dengan olahraga futsal? Coba sebutkan satu persatu perbedaan antara sepak bola dengan futsal! Bingung mencari jawabannya bukan? Ya, wajar saja sih, sebab kedua jenis olahraga ini memiliki kemiripan dalam hal bermain. Dalam permainan bola futsal dan bola sepak, ada satu aturan dimana masing-masing tim yang saling berhadapan di lapangan diharuskan memasukkan bola ke gawang lawan untuk mendapatkan skor kemenangan. 

Meskipun luarnya tampak sama-sama saja, pada kenyataannya kedua olahraga ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. Lalu, apa saja perbedaan permainan sepak bola dan futsal yang bisa diketahui? Untuk itu, ikuti terus pembahasan ini hingga akhir.

Futsal VS Bola Sepak, Apa Bedanya?

Pengertian olahraga futsal menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah jenis permainan sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan dengan ukuran gawang dan lapangan bertanding lebih sempit dari olahraga sepak bola pada umumnya. Sedangkan untuk pengertian olahraga bola sepak sendiri merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim yang saling berhadapan di lapangan hijau, dengan anggota tim yang terdiri dari 11 anggota.

Masing-masing tim akan melaksanakan pertandingan memperebutkan skor dengan cara memasukkan bola ke gawang lawannya selama 90 menit (2 kali main). Selisih gol di antara tim yang bertanding akan menjadi penentu dari pemenang permainan sepak bola tersebut. 

perbedaan sepak bola dan futsal

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa antara permainan futsal dengan olahraga bola sepak memiliki perbedaan paling jelas di penggunaan tempat bermain. Permainan futsal dimainkan di dalam ruangan besar yang memang menyediakan lapangan pertandingan, sedangkan untuk olahraga sepak bola harus di lapangan berumput dengan luas ukuran yang sudah ditetapkan. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa ukuran lapangan futsal lebih sempit atau lebih kecil dari permainan sepak bola biasa. Karena sepak bola memiliki ukuran 100 x 64 m (panjang x lebar) atau 110 x 75 m (panjang x lebar) menurut standar internasional, sedangkan lapangan futsal hanya memiliki ukuran 38 x 18 m (panjang x lebar) atau 42 x 25 m (panjang x lebar) saja. 

Perbedaan bola futsal dengan bola sepak juga dijelaskan oleh Sahda Halim dalam buku bertajuk 1 Hari Pintar Main Futsal yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Di dalam buku tersebut, disebutkan bahwa terdapat sembilan perbedaan dari sepak bola dan permainan futsal. Simak berikut ini penjelasannya:

1. Permainan Futsal 

  • Jumlah pemain: 5 orang dari masing-masing tim. Total hanya 10 orang yang bermain.
  • Pergantian pemain: tidak dibatasi jumlahnya, pemain yang sudah keluar dapat masuk kembali ke lapangan. 
  • Wasit: terdiri dari 2 orang, 1 wasit dan 1 asisten wasit.
  • Durasi pertandingan per babak: 20 menit.
  • Time out: dalam pertandingan futsal tidak mengenal istilah time out.
  • Kartu merah: pemain yang terkena kartu merah baru dapat digantikan pemain baru setelah 2 menit terlewati.
  • Offside: dalam pertandingan futsal tidak mengenal aturan offside.
  • Awalan permainan: tendangan kedalam ketika bola keluar atau out.
  • Benturan fisik seperti tackling: tidak diperbolehkan dalam pertandingan futsal.

Baca Juga : Sejarah Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui Para Pecintanya

2. Permainan Sepak Bola

  • Jumlah pemain: terdiri dari kesebelasan, artinya masing-masing tim memiliki pemain dengan jumlah 11 orang.
  • Pergantian pemain: hanya boleh 3 kali saja melakukan pergantian pemain, dan ini berlaku untuk setiap tim yang bertanding. 
  • Wasit: terdiri dari 3 orang, 1 wasit dan 2 hakim garis.
  • Durasi pertandingan per babak: 45 menit.
  • Time out: masing-masing tim sepak bola diperbolehkan melakukan time out sebanyak 1 kali.
  • Kartu merah: pemain yang telah dikeluarkan tidak dapat digantikan dengan pemain baru, artinya jumlah anggota tim sepak bola yang terkena kartu merah dapat berkurang.
  • Offside: dalam permainan sepak bola terdapat aturan offside.
  • Awalan permainan: lemparan ke dalam jika bola keluar atau out. 
  • Benturan fisik seperti tackling: diperbolehkan asal tidak termasuk pelanggaran.

Permainan sepak bola dan futsal masih memiliki perbedaan selain yang telah disebutkan beberapa di atas. Salah satunya adalah ukuran yang digunakan selama pertandingan. Sama seperti ukuran gawang dan lapangan, ukuran bola dalam permainan sepak bola sedikit lebih besar dari bola yang digunakan dalam olahraga futsal.

Sehingga nilai pantulan yang dimiliki bola permainan futsal dibandingkan sepak bola lebih lebih sedikit atau sekitar 30%. Nilai pantulan yang lebih kecil dimaksudkan supaya intensitas pantulan bola tersebut di lapangan dapat dikurangi, mengingat ruang geraknya yang jauh lebih sempit dibandingkan lapangan bola biasa. 

Hanya itu saja informasi mengenai perbedaan antara bola futsal dengan bola sepak secara garis besarnya. Semoga membantu menjawab rasa penasaran Anda, dan jika informasi inti dianggap cukup penting, silahkan bagikan ke pembaca lain yang membutuhkannya. Sekian dan terimakasih.