Bedanya Sepatu Futsal dengan Sepatu Bola

Sehat dan bugar kini menjadi hal yang sangat teramat penting bagi kehidupan. Banyak sekali pola hidup yang dirancang demi mendapatkan tubuh yang sehat. Ada yang menjaga diet pola makan, dan banyak juga yang menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan olahraga. 

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Mulai dari hal sesimple berjalan kaki hingga olahraga yang menggerakkan semua otot dan atletik. Olahraga yang paling populer tetaplah olahraga yang berhubungan dengan bola. 

Banyak cabang olahraga yang menggunakan bola sebagai alat untuk berolahraga antara lain bola basket, bola voli, tenis, sepakbola dan juga futsal. Olahraga tersebut amat sangat banyak peminatnya terutama untuk anak-anak muda, sepakbola dan juga futsal adalah olahraga favorit yang bisa dilakukan bersama-sama. 

Perbedaan Sepak Bola dan Futsal

Pada dasarnya cara bermain sepak bola dan futsal sama hanya saja ada beberapa perbedaan mendasar antara dua cabang olahraga tersebut. Perbedaan dari sepak bola dan futsal antara lain?

1. Lapangan bermain

Perbedaan mendasar dari sepakbola dan futsal ada pada lapangannya. Pada sepakbola biasanya menggunakan lapangan outdoor sedangkan pada futsal menggunakan lapangan indoor. Ukuran lapangan dari keduanya pun berbeda. Apabila di sepakbola mempunyai ukuran lapangan standar Panjang 100-110 meter dan lebar sekitar 64-75 meter, sedangkan pada lapangan futsal ukurannya lebih kecil di kisaran 38-42 meter panjangnya dan 20-25 meter lebarnya.\

2. Jumlah pemain

Perbedaan berikutnya ada di jumlah pemain. Pada sepakbola yang menggunakan lapangan luas, setiap timnya ada 11 pemain inti yang bertanding. Sedangkan pada futsal, jumlah pemain inti yang bermain di lapangan setiap timnya adalah 5 pemain.

3. Pergantian pemain

Pada pertandingan sepakbola, pergantian pemainnya biasanya dibatasi maksimal 3 pemain sedangkan pada futsal pergantian pemainnya tidak terbatas bahkan teman yang sudah digantikan masih bisa masuk kembali untuk bermain. Hal itu juga dikarenakan karena kecepatan permainan dari futsal cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan sepakbola karena faktor ukuran dari lapangan yang menyebabkan lebih terkurasnya stamina dari para pemain futsal. 

4. Durasi permainan

Pada sepakbola biasanya mmpunyai dua babak di setiap babak mempunyai durasi permainan 45 menit ditambah dengan injurytime. Sedangkan pada futsal setiap babak permainan durasinya hanya 20 menit permainan. 

5. Peraturan

Yang menjadi pembeda lain adalah beberapa peraturan yang ada pada kedua permainan tersebut misalnya:

  • Offside

Pada futsal tidak ada offside 

  • Pelanggaran

Pada futsal setiap akumulasi 6 pelanggaran, pihak lawan akan diberi hadiah penalty. Sedangkan pada sepakbola tidak ada Batasan sama sekali tentang pelanggaran. 

  • Time out

Hal yang menarik pada futsal adalah adanya hak untuk meminta time out di setiap tim. Tiap tim memiliki hak meminta time out satu kali setiap babaknya. Hal ini tidak kita temukan pada permainan sepakbola.

Perbedaan Sepatu Futsal dengan Sepatu Bola

Selain beberapa perbedaan tersebut, sepak bola dan futsal mempunyai perbedaan pada alat yang digunakan. Ukuran bola yang berbeda, begitu pula pada sepatunya. Perbedaan tersebut lebih dikarenakan oleh perbedaan lapangan bermain.  Apa aja sih perbedaan dari sepatu sepakbola dan sepatu futsal? Yuk kita simak perbedaannya.

1. Pul sepatu

Yang menjadi dasar dari perbedaan kedua sepatu tersebut ada pada pul sepatu. Pada sepatu sepakbola biasanya mempunyai pul dengan minimal jumlahnya 6 buah. Sedangkan pada sepatu futsal tidak ada satupun pul pada sepatunya. Hal itu dikarenakan perbedaan jenis lapangan yang digunakan untuk bertanding. Pada lapangan sepakbola yang notabene beralas tanah dan juga rumput asli atau hidup, pul berguna agar kaki dapat berpijak dengan baik dan juga mengurangi resiko terpeleset ketika berlari. Sedangkan pada sepatu futsal, pul tidak diperlukan karena lapangan yang digunakan untuk bermain futsal biasanya menggunakan rumput sintetis dan juga lantai yang keras sehingga pemain lebih mudah dalam menjaga kestabilan tubuh ketika berdiri dan berlari.

2. Bahan alas

Perbedaan berikutnya pada sepatu sepakbola dan sepatu futsal ada pada bahan alasnya. Karena peruntukan lapangan yang berbeda maka bahan yang digunakan juga berbeda. Pada sepatu sepakbola biasanya menggunakan bahan alas sepatu berupa karet yang keras agar bisa lebih tahan lama dan juga untuk menjaga letak pul supaya tidak mudah lepas ataupun rusak. Karet keras juga berguna untuk menghindari pul yang melesak masuk kedalam sepatu yang bisa mengakibatkan luka pada si pemakai sepatu itu sendiri. Sedangkan pada sepatu futsal, bahan yang digunakan biasanya adalah karet yang relatif lebih lunak dan lentur. Hal itu dimaksudkan supaya para pemain lebih lincah dalam bergerak dan menggiring bola.

Itulah perbedaan dari sepatu sepakbola dan sepatu futsal. jangan sampai salah pilih yak arena sepatu yang kamu gunakan juga bisa mempengaruhi performa dalam bermain. Selamat memilih.