Berapa Kalori yang Terbuang Saat Bermain Futsal Satu Jam

Futsal merupakan permainan yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya, tidak jauh berbeda dengan sepakbola yang memiliki 11 pemain dalam satu tim, sedangkan futsal memiliki lima pemain dalam satu tim permainan.

Futsal merupakan olahraga sehat dan juga sangat menyenangkan, selain itu bermain futsal juga tidak harus menggunakan perlengkapan seperti decker seperti sepakbola pada umumnya, selain menyehatkan juga futsal memiliki manfaat yang baik untuk membakar kalori yang berfungsi untuk menstabilkan metabolisme tubuh seseorang. selain itu permainan futsal juga sekarang ini banyak diminati oleh kaum hawa. beberapa tahun belakangan ini banyak kompetisi futsal yang diadakan di daerah maupun tingkat internasional dan juga sekarang ini mulai rutinnya liga futsal di Indonesia maupun belahan dunia.

Olahraga Futsal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran maupun kekuatan mental, banyak penghobi futsal pasti memiliki tubuh yang bugar karena rajin menekuni olahraga ini dan juga tidak lupa untuk nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuh mempengaruhi kesehatannya.

Manfaat Olahraga Futsal Untuk Kesehatan

Selain dapat menyehatkan dan memberikan kebugaran pada tubuh, masih ada beberapa manfaat dari olahraga futsal itu sendiri, apa saja manfaatnya?

1. Menjaga kesehatan jantung

Pemain futsal akan selalu bergerak dalam ritme formasi yang memang sudah lumrahnya di olahraga futsal, hal ini membuat semua pemainnya tidak boleh berdiam diri dalam posisinya, hal itu membuat jantung dari pemain futsal berdetak lebih cepat dan stabil karena adanya lari kecil dan juga lari dengan tarikan satu nafas.

Lari kecil dalam futsal dapat membantu melatih kardiovaskular dan juga menghindari plak di dalam jaringan arteri, mengurangi tekanan darah tinggi sehingga oksigen yang masuk kedalam tubuh akan tersalurkan dengan lancar.

2. Meninggikan Tinggi Badan

Olahraga futsal juga dapat membantu kamu yang ingin menambah tinggi badan, futsal salah satu yang cocok untuk menaikkan tinggi badan karena sel dalam tulang selalu bergerak aktif ketika rutin bermain futsal, lalu sel tulang akan membantu mempercepat pertumbuhan yang dapat meningkatkan tinggi badan bertambah.

3. Mengurangi Lemak Jahat Dalam Tubuh

Olahraga futsal menjadi salah satu alternatif untuk pria maupun wanita yang ingin membuang lemak jahat dalam tubuhnya, hal ini juga bisa membantu untuk mencegah diabetes. 

Banyak dalam beberapa waktu belakangan ini, khususnya wanita lebih memilih olahraga futsal untuk program dietnya daripada harus mencoba diet ketat makanan bahkan menggunakan obat-obatan yang notabene akan membuat kerusakan organ dalam. selain dapat membakar lemak, juga dapat mengecilkan betis, perut, paha dan lain lain yang dimana bagian tersebut merupakan masalah bagi kaum hawa.

4. Meningkatkan Massa Otot

Sama halnya dengan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan fisik, Futsal juga sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan massa otot pada bagian tubuh manusia, seperti kaki, paha, perut, dada. Hal ini dapat terjadi jika pemain futsal dapat melakukannya secara rutin, walaupun tidak harus setiap hari, olahraga futsal bisa dilakukan 2 kali dalam satu minggu. selain dapat meningkatkan massa otot, olahraga futsal juga dapat meningkatkan kebugaran supaya tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

5. Melatih Otak dan Mengurangi Tingkat Stress

olahraga futsal menjadi salah satu olahraga yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak untuk berpikir lebih cepat, karena futsal dapat meningkatkan kreativitas dan kecepatan memberi keputusan ketika dalam permainan, selain itu futsal dapat menurunkan stress atau depresi karena lelahnya berpikir tentang pekerjaan, sekolah maupun hal lain yang banyak menguras kerja otak kanan.

Berapa Kalori yang Terbuang Saat Bermain Futsal?

Kalori yang terbuang sebetulnya akan menghasilkan tenaga atau stamina yang lebih untuk para pemain futsal, namun kalori yang dibuang tidak semata-mata langsung mendapatkan stamina yang tinggi tapi harus dibarengi dengan asupan gizi yang baik dan lengkap supaya ketika kalori terbuang maka akan ada gizi yang mengoptimalkan stamina pemain futsal tersebut. selain gizi berupa makanan 4 sehat 5 sempurna juga harus di imbangi dengan cairan yang banyak mengandung elektrolit agar keseimbangan antara zat-zat gizi dan cairan akan berimbang sehingga menghasilkan massa otot, daya tahan, stamina, tenaga maksimal.

ketika kalori terbakar akan mengalami dehidrasi yang tinggi apalagi ketika bermain futsal lebih dari satu jam, akan ada rasa lemas dan juga kering ditenggorokan, hal ini lumrah terjadi ketika tubuh diforsir semaksimal mungkin, jadi pada intinya ketika pemain futsal melakukannya secara rutin harus mengimbangi antara zat gizi dan cairan dalam tubuhnya, lalu berapa banyak kalori yang terbuang dalam bermain futsal selama satu jam?

Perkiraan Kalori oleh badan riset gizi atlet profesional yang mengacu pada berat badan ideal atlet dengan usia emas antara 20 tahun sampai 30 tahun dan memiliki berat badan 60 kg sampai 70 kg, sebagai berikut:

  • Bermain 5 menit mengeluarkan 49 kalori
  • Bermain 10 menit mengeluarkan 98 kalori
  • bermain 30 menit mengeluarkan 294 kalori
  • Bermain selama 1 jam mengeluarkan 588 kalori sampai 606 kalori.