Berikut Analisis Usaha Lapangan Futsal dan Anggaran Biayanya 

sepatu-futsal.com – Usaha futsal menjadi salah satu jenis usaha yang paling menguntungkan, tak heran apabila hingga sekarang ini ada banyak sekali orang yang menggeluti bidang usaha lapangan futsal ini. Dan ternyata untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu sulit. Bagaimana? Apakah kamu berminat untuk usaha lapangan futsal ini? 

Terlebih dahulu kamu harus menganalisis usaha lapangan futsal ini dan juga memperhitungkan berapa banyak biaya yang akan kamu keluarkan. Hal tersebut tentu saja penting sekali untuk kamu ketahui agar kamu tidak bisa membuat usaha yang sesuai dengan budget mu. 

Usaha lapangan futsal ini memang dibilang sebagai usaha modern. Modal usaha yang dibutuhkan juga terbilang cukup besar dan setengah modal akan dipakai untuk membeli lahan, membeli berbagai kebutuhan untuk olahraga futsal dan untuk pembangunan lapangan futsal.

Jika kamu ingin membuat lapangan futsal standar yang berukuran 16 x 26 meter, maka kamu harus memiliki budget sebesar Rp 140 juta untuk biaya pembangunan, biaya untuk pembelian dan pemasangan rumput serta jaring yaitu Rp 100 juta, lalu untuk biaya konstruksi sebesar Rp 140 juta. Sehingga jika di total semuanya mencapai Rp 380 juta. 

Jadi modal awal untuk membuat usaha lapangan futsal yang harus kamu siapkan yaitu sebesar Rp 380 juta, itu semua tidak sama harga lahan. Modal yang diperlukan pastinya akan lebih besar lagi apabila kamu tidak mempunyai lahan untuk memulai usaha lapangan ini. Langkah selanjutnya yaitu dengan menghitung berapa biaya pemasukan usaha futsal. Dengan demikian kamu akan mengetahui kapan seluruh modal yang telah kamu keluarkan untuk usaha ini bisa balik kembali. 

Apabila diperkirakan biaya untuk sewa lapangan ini sebesar Rp 85 ribu untuk satu jam permainan dan lapangan futsal tersebut buka selama 10 jam di setiap harinya, sehingga total biaya yang masuk dan bisa dapatkan setiap harinya yaitu Rp 85 ribu x 10 jam x 30 hari = Rp 25. 500.000

analisis usaha lapangan futsal

Selanjutnya untuk pemasukan pada satu bulan dari biaya kantin, parkir, dan juga berjualan merchandise yaitu sebesar Rp 5 juta. Jadi, total untuk total semua pemasukan setiap bulan yang didapatkan sebesar Rp 30.500.000. 

Nah, berikut ini biaya pengeluaran untuk sendiri, seperti: 

  • listrik 2.200 watt : Rp 1,4 juta.
  • Gaji 3 orang karyawan : Rp 1,2 juta x 3 = Rp 3,6 juta.
  • Wifi dan fasilitas televisi : Rp 900 ribu 

Jadi, total keseluruhannya yaitu Rp 5.900.000 

Sehingga untuk jumlah seluruh pemasukan bersih yang bisa didapatkan untuk satu lapangan saja yaitu Rp 30.500.000 – Rp 5.900.000 = Rp 24.600.000 untuk setiap bulannya. Jadi, modal yang kamu keluarkan akan balik dalam waktu kurang lebih 16 bulan. Setelah melewati 16 bulan, maka kamu mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp 24.600.000 juta untuk setiap bulannya. Sungguh menguntungkan bukan? 

Tips untuk Memulai Usaha Lapangan Futsal

Memberikan biaya sewa yang terjangkau

Untuk para pelaku usaha pastinya ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, namun bukan berarti kamu bisa memberikan harga sewa yang setinggi-tinggi nya agar mendapatkan banyak keuntungan. Lebih baik kamu berikan harga sewa yang terjangkau, yang penting kamu tidak membuat kamu rugi. 

Misalnya seperti kamu memberikan harga sewa lapangan di siang hari lebih murah dibandingkan dengan pada malam atau sore hari. Hal tersebut bisa menjadi salah satu strategi kamu agar tetap untung. 

Baca Juga : Inilah Ukuran dari Lapangan Futsal Beserta Penjelasannya

Menjaga kualitas layanan 

Kamu harus bisa menjaga kualitas layanan yang akan kamu berikan kepada para pelanggan. Untuk hal tersebut, kamu selaku pemilik harus bisa memastikan kembali keadaan lapangan futsal, ruang ganti yang bersih, toilet, mushola, tempat parkir dan fasilitas lainnya. 

Menyediakan perlengkapan pendukung 

Tidak lupa untuk menyiapkan perlengkapan pendukung untuk bermain futsal, seperti kaos kaki, jersey, sepatu dan sejenisnya. Adanya penyediaan perlengkapan ini dapat dikenakan biaya spesial atau dapat juga kamu gratiskan untuk mereka yang mempunyai membership. 

Menawarkan promo membership 

Promo yang satu ini juga dapat kamu jadikan andalan supaya pengunjung selalu datang kembali. Kamu bisa memberi beberapa fasilitas khusus untuk mereka yang membuat membership, seperti mendapatkan jam prime time, sewa lapangan yang lebih mudah, bebas biaya parkir dan sebagainya. 

Menggelar kompetisi secara rutin

Selanjutnya yaitu tidak ada salahnya jika kamu mengadakan kompetisi secara rutin supaya tidak terlalu membosankan dan juga monoton. Kompetisi ini pastinya juga bisa kamu jadikan untuk strategi pemasaran di usaha lapangan ini. Mereka tentu saja akan lebih bersemangat untuk datang ke lapangan futsal milik kamu. 

Itulah perkiraan modal jika kamu ingin membuka usaha lapangan futsal ini. Selamat mencoba!