Inilah 7 Kelebihan Pinjaman Online dibanding Pinjaman Konvensional

Pinjaman merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk bisa mendapatkan dana tambahan, baik itu untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Di era digital saat ini, metode pinjaman sudah mulai bergeser menjadi pinjaman yang lebih efisien dan praktis. Yakni mulai beralih menggunakan metode online. Kini, kebanyakan orang lebih memilih pinjaman secara online dengan alasan memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan pinjaman online ? Yuk simak dalam ulasan ini.

Kelebihan yang Didapatkan Ketika Memilih Pinjaman Online

  1. Lebih Menghemat Waktu

Ada pepatah yang mengatakan waktu adalah uang, sama halnya dengan melakukan pinjaman secara online. Dibandingkan dengan pinjaman secara konvensional ke bank, proses pinjaman secara online terbilang lebih cepat yakni sekitar kurang dari 1 menit. Sementara pinjaman konvensional di bank akan membutuhkan proses yang lama hingga berhari hari, dimulai dari proses pengajuan hingga proses pencairan dana.

Pinjaman secara online, para nasabah hanya memerlukan jaringan internet yang baik agar proses pengajuan pinjaman tidak mengalami kendala. Ketika proses yang dilakukan lebih cepat, maka calon nasabah akan lebih banyak dalam menghemat waktu. Debitur pun tidak perlu repot repot meluangkan waktu pergi ke bank. Pengajuan pinjaman secara online, bahkan bisa dilakukan sambil mengerjakan kegiatan penting yang lain.

pinjaman online

  1. Persyaratan Ringan

Saat mengajukan pinjaman konvensional di bank, maka calon nasabah diharuskan memenuhi beberapa persyaratan seperti sudah menjadi nasabah atau memiliki kartu kredit. Dimana pengaturan tersebut, tidak akan Anda temukan ketika mengajukan pinjaman secara online. Pasalnya, pinjaman di fintech tidak ada kewajiban menggunakan kartu kredit ataupun menyertakan rekening koran. Sehingga, persyaratan yang ringan ini bisa menjadi kesempatan untuk segala kalangan.

  1. Menghadirkan Banyak Produk

Saat mengajukan pinjaman ke bank, maka calon nasabah hanya akan difokuskan pada satu produk saja tanpa bisa membandingkan dengan produk lain. Dimana hal ini berbeda dengan pinjaman yang diajukan secara online. Pasalnya, pinjaman dari perusahaan fintech biasanya akan memberikan banyak pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

Bahkan di pinjaman secara online ini, calon nasabah bisa langsung membandingkan produk konvensional dan syariah. Namun sebelum itu. Pada saat melakukan pinjaman entah itu online maupun offline, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu keuntungan dari berbagai produk ini. Dimana hal tersebut akan membantu calon nasabah dalam mendapatkan pinjaman yang terbaik.

  1. Syarat Minimum Penghasilan

Salah satu syarat yang relatif berat dalam pinjaman konvensional di bank, yaitu besarnya minimum penghasilan. Kebanyakan perbankan akan memberikan batas minimum penghasilan calon nasabah adalah Rp 3 juta per bulan, itupun batas minimum untuk pinjaman yang paling kecil. Sementara pengajuan pinjaman di Tunaiku mewajibkan calon nasabah memiliki pendapatan tetap sebagai syarat pengajuan kredit jangka pendek.

  1. Suku Bunga yang Lebih Rendah

Ketika Anda sebagai calon nasabah ingin melakukan pinjaman konvensional di bank, maka biasanya akan dikenakan suku bunga yang terbilang cukup tinggi. Sehingga tidak jarang akan ada banyak nasabah yang kesulitan mengembalikan dana, dan pada akhirnya tidak bisa meneruskan atau melunasi pinjaman. Lantas bagaimana dengan pinjaman secara online? Sebenarnya ada yang menganggap bahwa pinjaman ini mengenakan suku bunga tinggi, padahal tidak semuanya benar.

Jika Anda cermat dalam memilih situs pinjaman yang kredibel dan terpercaya, maka mungkin bisa menemukan situs pinjaman dengan suku bunga yang relatif rendah. Sehingga dengan suku bunga rendah ini, otomatis angsuran yang dibayar pun nominalnya lebih kecil. Selain itu, ada juga beberapa pinjaman dari fintech menyediakan fasilitas perpanjangan masa pembayaran.

  1. Tenor Pendek

Jika dilihat lebih jauh, tenor pendek dari pinjaman online untuk sebagian orang memang dianggap kekurangan. Namun, idealnya utang memang harus dibayar dan diselesaikan dengan cepat. Selain itu, terkadang utang jangka panjang bisa memengaruhi pos pengeluaran. Apalagi jika sudah mulai membina rumah tangga. Tenor pendek ini nantinya akan memaksa nasabah untuk bisa paham mengenai pengelolaan keuangan, dan juga memprioritaskan hutang sehingga tidak terjebak utang panjang.

  1. Simulasi Kredit

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, maka ada baiknya untuk tahu lebih dulu besaran bunga dan juga melakukan simulasi daftar angsuran. Biasanya dalam perusahaan jasa pinjaman secara online akan memberikan simulasi kredit secara lengkap, mulai dari produk KMG, KTA, KPR, hingga kredit mobil. Dimana hal tersebut bertujuan agar nasabah tahu secara transparan dan tidak akan menyesal di kemudian hari.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika memilih melakukan pinjaman secara online. Pada dasarnya, meminjam dana baik itu online maupun offline memang bermanfaat saat debitur benar benar membutuhkan uang cepat. Entah itu untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis. Namun akan lebih bijak, jika pinjaman tersebut dilakukan ketika benar benar membutuhkan dana darurat.

Kalau untuk urusan satu ini, Tunaiku layak jadi pilihan utama bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman online cepat dan mudah.