Inilah Ukuran dari Lapangan Futsal Beserta Penjelasannya 

sepatu-futsal.com – Beberapa tahun ini, futsal telah menjadi sebuah cabang olahraga dengan memiliki banyak peminat. Olahraga yang satu ini sekarang semakin banyak menjamur sehingga menjadi sebuah wadah untuk mengasah kemampuan sepak bola yang sangat populer, baik untuk kalangan dewasa maupun untuk anak-anak. 

Sebab, olahraga futsal ini dibilang sangat mudah dan juga murah untuk dilakukan. Jika kamu termasuk ke dalam salah satu pecinta olahraga futsal, sangat penting untuk kamu mengetahui informasi mengenai luas daerah lapangan futsal nasional dan juga internasional, bagaimana cara bermain dan jumlah pemainnya. 

Ukuran dari Lapangan Futsal 

  • Lebar : 18-24 meter (Internasional) dan 15-25 meter (Nasional). 
  • Panjang : 38-42 meter (Internasional) dan 25-42 meter (Nasional). 
  • Tinggi gawang futsal : 2 meter.
  • Jari-jari Lingkaran di bagian tengah : 3 meter.
  • Lebar Gawang Futsal : 3 meter.
  • Lebar Garis (Garis samping, garis gawang, dan garis tengah): 

Garis batas berada diantara garis melintang di bagian tengah lapangan, garis gawang ada di titik ujung serta pada sisi gawang memiliki lebar 8 cm. 

Ukuran lapangan diatas merupakan lapangan futsal yang sesuai dengan standar AMF dan FIFA. Sebab futsal telah menjadi salah satu bidang olahraga yang saat ini semakin banyak dipertandingkan. Hampir di seluruh lapangan futsal yang ada di Indonesia telah menggunakan standar ukuran seperti di atas. 

Tidak sama dengan lapangan sepak bola biasanya yang memerlukan area yang luas sekali, lapangan futsal dapat dibilang terjangkau dan cukup kecil. Oleh karena itu, saat ini ada banyak orang yang membangun dan menyediakan penyewaan lapangan futsal untuk anak muda yang ingin bermain futsal.  

Kelengkapan dari Lapangan Futsal 

Membahas tentang cabang olahraga futsal, pastinya kamu harus mengetahui seluruh informasi mengenai olahraga ini. Di bawah ini beberapa informasi mengenai kelengkapan lapangan futsal yang harus kamu ketahui. 

  • Daerah Bebas 

Daerah ini adalah daerah yang berada di  5 meter pada garis tengah. Di daerah bebas ini, kamu akan menemukan meja wasit pertandingan yang terletak minimal 2 meter sejak garis tepi yang ada pada lapangan futsal. Untuk daerah ini, wasit tentunya akan mengawasi pertandingan. 

ukuran lapangan futsal nasional dan internasional

Apabila terjadi pelanggaran, maka wasit diperbolehkan untuk masuk ke lapangan futsal tersebut untuk memberikan sanksi. 

Baca Juga : Cara Menagih Hutang Kepada Teman yang Sopan

  • Daerah Penalti

Daerah ini ada di bagian depan gawang, ditandai dengan adanya garis yang berbentuk busur atau setengah lingkaran dengan adanya jari-jari berukuran 6 meter. 

  • Daerah Pergantian Pemain

Selanjutnya, daerah yang satu ini berada pada Touch Line yakni berjarak 5 meter dari keberadaan garis tengah. Daerah pergantian pemain ini akan diberi tanda yang berupa garis yang akan memotong Touch Line yang berukuran 40 cm ke dalam lapangan serta 40 cm ke luar lapangan. 

  • Titik Penalti 

Selanjutnya yaitu titik penalti yang pertama ada di jarak 6 meter mulai pada titik tengah pada dua gawang atau pada garis gawang, dan untuk titik penalti yang kedua berada di jarak 10 meter pada garis gawang. 

  • Daerah Tendangan Sudut 

Daerah ini berada pada di empat sudut pojok lapangan. Daerah tendangan sudut ini ditandai dengan garis yang berbentuk seperti seperempat lingkaran yang memiliki panjang jari-jari seluas 25 cm. 

  • Garis Tanda 

Garis tanda adalah garis yang berada pada lapangan futsal yang mempunyai fungsi sendiri. Garis yang ada di samping sisi lapangan atau yang merupakan panjang lapangan biasa disebut Touch Line. Lalu untuk garis lebar dari lapangannya yaitu Goal Line. 

Pada umumnya lapangan futsal akan terbagi pada dua bagian dengan luas yang sama. Garis pembagi tersebut biasa disebut sebagai garis tengah. Garis tersebut nantinya akan membagi ukuran lagi menjadi dua area yang sama luasnya. Garis tersebut mempunyai lebar sebesar 8 cm. Pada sebuah lapangan futsal, biasanya di bagian tengah lapangannya memiliki lingkarang yang berjari-jari yang memiliki panjang 3 meter. 

Lama Pertandingan 

Tidak sama dengan sepak bola yang akan memakan waktu yang lama. Pertandingan futsal hanya berdurasi 2×20 menit dan juga tambahan waktu 2×5 menit saja jika hasilnya masih seri. 

Ukuran dari Bola Futsal 

Tentu saja bola futsal menjadi item yang sangat penting untuk olahraga ini. Bola ini akan menjadi penentu poin pada permainan futsal. Ukuran bola futsal untuk skala standar yaitu mempunyai 62 sampai 64 cm dan berat 0,4 sampai 0,44 kg. Apabila bola ini dipantulkan, maka dapat menghasilkan lambungan setinggi 55 sampai 56 cm untuk pantulan pertama. 

Biasanya, bola futsal ini dibuat dari bahan kulit, sama dengan bola yang ada di permainan sepak bola pada umumnya. 

Jumlah Pemain Futsal 

Pada umumnya jumlah pemain futsal sebanyak 5 pemain untuk setiap kelompok. Dengan 4 orang pemain inti dan 1 pemain  sebagai penjaga gawang. 

Nah, itulah informasi terkait olahraga futsal yang harus kamu ketahui. Semoga pembahasan bermanfaat untuk kamu dan pembaca lainnya.