Lakukan Ini Agar Terhindar dari Cedera Ketika Main Futsal

Futsal adalah salah satu olahraga yang sangat populer dan kerap disebut sebagai mini sepak bola. Sekarang pun futsal sudah masuk dalam salah satu olahraga yang diakui oleh dunia. Jika kamu adalah salah satu penggemar futsal, sudah pasti tidak hanya menonton saja. Tapi, juga ikut bermain baik itu bersama teman atau profesional. 

Namun, ketika bermain futsal, kamu tidak boleh begitu saja bermain. Ada satu hal yang harus kamu perhatikan, yaitu terhindar dari cedera. Meski futsal dimainkan bersama teman, tapi tidak menutup kemungkinan mendapatkan cedera. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu bisa terhindar dari cedera saat main futsal. Dimana akan dijelaskan di bawah ini. 

Tips Agar Terhindar dari Cedera Saat Main Futsal 

Futsal memang sangat seru sekali untuk dimainkan. Apalagi hanya membutuhkan 5 orang pemain saja. Namun, kamu pun harus hati-hati saat bermain atau bertanding futsal agar tidak cedera. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak cedera: 

Lakukan Ini Agar Terhindar dari Cedera Ketika Main Futsal

Pemanasan 

Seperti yang sudah kita lakukan semenjak masuk sekolah, dimana sebelum olahraga berat harus pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini akan aliran darah menjadi lebih lancar serta otot juga akan lebih rileks. Sehingga ketika bermain futsal otot tidak akan kaget atau tegang yang kerap menjadi penyebab dari cedera. 

Kamu tidak perlu melakukan pemanasan berat, cukup dengan gerakan sederhana sudah sangat cukup. Untuk waktunya sendiri juga tidak perlu begitu lama, cukup dengan 10 menit saja sebelum kamu bermain futsal. Pemanasan sendiri sebenarnya sangat perlu dilakukan sebelum kamu memulai olahraga apapun. 

Cukup minum 

Ketika kamu bermain futsal, hal paling penting adalah dengan menjaga cairan dalam tubuh tetap cukup. Dimana ini berarti kamu harus minum air cukup saat main futsal. Jangan sampai kamu dehidrasi karena bisa menyebabkan cedera. Lebih parahnya, kamu akan pusing saat bermain sehingga bisa terjadi cedera yang lebih fatal. 

Karena ketika kamu dehidrasi, maka akan membuat konsentrasi berkurang. Kondisi ini akan membuat kamu jadi tidak fokus dan akhirnya bisa cedera fatal. Jangan menunggu hingga kamu merasa haus untuk minum saat bermain futsal. Minumlah sedikit demi sedikit, karena tujuannya adalah agar kamu tidak dehidrasi saat bermain futsal. 

Pastikan tubuh sehat 

Ketika kamu ingin berolahraga, termasuk futsal maka pastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan sehat atau bugar. Jangan pernah kamu bermain futsal saat tubuh sedang dalam keadaan sakit. Karena ini bisa jadi penyebab cedera yang cukup parah. Apalagi ketika kamu pusing, hal ini akan sangat berbahaya sekali. 

Ketika sakit, tidak masalah memang berolahraga. Tapi, kamu tidak bisa melakukan olahraga yang berat. Dimana futsal adalah salah satu jenis olahraga yang termasuk berat. Sehingga ada baiknya, kamu beristirahat terlebih dahulu daripada bermain futsal. 

Sudah paham akan teknik permainan 

Hal selanjutnya yang juga perlu kamu perhatikan agar tidak cedera ketika main futsal adalah dengan sudah memahami dengan baik teknik permainannya. Teknik futsal sendiri tidak begitu berbeda dengan sepak bola, hanya saja ada satu hal yang diperhatikan. Dimana lapangan futsal berbeda dengan sepak bola. 

Sehingga penting sekali kamu tahu teknik untuk bermain futsal agar terhindar dari cedera parah. Kamu dapat mempelajarinya terlebih dahulu dengan baik. Karena teknik bermain futsal bisa dipahami ketika kamu mempelajarinya secara detail. Kesalahan dalam teknik bisa menjadi sebab utama kamu akan cedera. 

Lapangan futsal harus aman 

Sudah disinggung sebelumnya akan perbedaan lapangan futsal dengan sepak bola. Apabila dalam sepak bola kamu bermain di atas rumput, untuk futsal biasanya dimainkan indoor dengan lantai yang tidak ada rumput. Sehingga kamu harus memastikan kamu memang bermain futsal di lapangan yang seharusnya. 

Bayangkan jika kamu main futsal di tempat yang penuh dengan kerikil atau batu. Dimana kemungkinan tergelincir pun akan sangat tinggi. Maka daripada itu, kamu tidak boleh meremehkan lokasi dimana kamu akan main futsal. 

Gunakan sepatu futsal 

Faktor lain yang juga akan mencegah kamu cedera saat main futsal adalah dengan menggunakan sepatu futsal yang tepat. Jangan pernah main futsal dengan menggunakan sepatu yang tidak seharusnya. Karena sepatu futsal diciptakan sesuai dengan kondisi lapangan serta gerakan kaki. Sehingga pastikan kamu menggunakan sepatu yang tepat. 

Itulah beberapa hal yang akan membantu kamu terhindar dari cedera kaki. Dimana sangat penting sekali untuk kamu perhatikan. Mengingat bahwa futsal sendiri adalah olahraga yang terbilang sangat keras. Banyak sekali pemain futsal profesional yang juga mendapatkan cedera di lapangan. Maka daripada itu, kamu tidak boleh meremehkan cedera saat main futsal, meski hanya bermain bersama teman.