Manfaat Memiliki Catatan Keuangan Sehari-hari

Memiliki manajemen keuangan yang bagus di dalam biduk rumah tangga adalah pondasi utama untuk memulai kehidupan yang sejahtera. Sangat mungkin bila manajemen keuangan tidak dilakukan dengan baik akan menjadi sebuah masalah besar di kemudian hari, dan salah satu hal sederhana yang harus Anda lakukan yakni memiliki catatan keuangan sehari-hari.

Keuangan yang sehat dapat dilihat jika jumlah pendapatan lebih besar daripadi pengeluaran. Agar bisa mengetahuinya serta mencegah hal-hal sepele yang terlewatkan tentu Anda perlu secara konsisten untuk mencatat seluruh jenis pengeluaran dan pemasukan secara rutin.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan ketika konsisten mencatat keuangan sehari-hari. Simak penjelasannya, seperti:

1. Pola Pengeluaran Stabil

Kondisi finansial yang sehat dapat datang dari kebiasaan Anda dalam mengelola dana tersebut. Secara tidak langsung, mencatat semua pengeluaran dapat membantu Anda dalam upaya untuk mengontrol dana sesuai rincian catatan seperti periode sebelumnya.

Jika memulainya sekarang, tentu catatan keuangan di periode sekarang juga dapat menjadi refleksi untuk menyusun anggaran keuangan di periode akan datang atau bahkan bisa menjadi lebih lagi setelah melewati berbagai evaluasi pengalokasian dana per bulannya. Jika kebiasaan tersebut diterapkan secara konsisten, akan membuat pola pengeluaran  menjadi lebih sehat dan stabil.

2. Mengetahui Pemasukan dan Pengeluaran Secara Detail

Memiliki catatan keuangan diharapkan untuk Anda bisa introspeksi atau meninjau terkait besaran pengeluaran dan pemasukan pada periode sebelumnya. Dengan mencatatnya secara rinci dapat membantu Anda mengetahui kegiatan yang mana dengan alokasi dana terbesar atau bahkan berlebih untuk urusan rumah tangga dan sejenisnya.

Anda juga dapat mengetahui jumlah dana yang sudah digunakan untuk membeli keperluan pokok atau sesuatu yang hanya sebatas keinginan saja. Lewat catatan ini Anda dapat mengetahui hal mana yang penting dan yang menjadi prioritas utama.

3. Bisa Menentukan Skala Prioritas

Ketika sudah berkeluarga, akan banyak sekali kebutuhan yang harus direalisasikan, kondisi ini berbanding terbalik ketika masih berstatus lajang, dan kebutuhan tersebut akan semakin bertambah banyak jika Anda sudah memiliki anak, dan akan lebih banyak lagi jika mempunyai anak yang banyak.

Mempunyai catatan keuangan dapat membantu Anda untuk menentukan skala prioritas saat kebutuhan keluarga sedang banyak-banyaknya. Hal ini bisa terlihat dengan mengevaluasi catatan pengeluaran di periode sebelumnya dan menimbang mana yang sekira tidak terlalu berpengaruhi jika porsi dikurangi atau bahkan dipangkas total.

4. Mempunyai Hubungan yang Hangat Bersama Pasangan

Sebagian orang kondisi keuangan sering menjadi salah satu pemicu terjadinya konflik di dalam rumah tangga. Kondisi ini tentu bisa terhindar jika Anda bersama pasangan telah berkomitmen untuk membangun manajemen keuangan lebih baik, termasuk memiliki catatan keuangan sehari-hari.

Dengan begitu Anda serta pasangan bisa lebih bijak untuk urusan pengelolaan dana termasuk pengeluaran sehari-hari. Melakukan diskusi seputar keuangan keluarga juga dapat menjadi tindakan bonding bersama pasangan.

5. Mencapai Tujuan Keuangan

Semua keluarga mempunyai keinginan serta kebutuhan untuk dapat hidup nyaman dan ideal dengan standar mereka masing-masing. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk bisa hidup nyaman membutuhkan hal seperti aspek materil.

Mempunyai catatan keuangan secara konsisten bisa membantu Anda untuk merencanakan tujuan finansial yang lebih optimal pada suatu periode tertentu. Hal tersebut karena catatan keuangan dapat memberi sebuah gambaran terkait pemasukan, pengeluaran hingga besaran dana yang dapat ditabung atau diinvestasikan untuk bisa memenuhi tujuan finansial.

6. Dapat Menghindari Hutang Konsumtif

Jika Anda merupakan orang yang selalu mendapatkan tagihan dari kartu kredit yang cukup besar? Apabila benar, sebaiknya tinjau kembali kebiasaan Anda dalam membelanjakan uang.

Dengan mencatat keuangan dengan rutin nyatanya dapat membantu Anda bisa terhindari dari yang namanya hutang, terutam utang bersifat konsumtif. Karena seperti ini muncul dari keinginan seseorang untuk sekedar memuaskan nafsu tapi tidak sesuai oleh kemampuan finansial mereka.

Ketika Anda sudah terbiasa untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan rutin, sebenarnya Anda akan sangat mudah mengukur kemampuan finansial Anda sendiri. Catatan pengeluaran per bulan akan menunjukan secara jelas kemampuan Anda memenuhi kebutuhan perhari , setelah itu barulah memenuhi keinginan untuk standar tertentu. 

7. Lebih Menghargai Uang

Tidak sedikit diluar sana orang-orang yang mempunyai sifat boros keuangan, hal ini disebabkan oleh cara pandang orang tersebut terhadap uang atau uang yang dimiliki penghasilan orang tuanya atau keluarga. Melakukan catatan keuangan dengan rutin, Anda dapat menilai jumlah atau besaran kebutuhan dengan rutin, daripada hanya memikirkan pemenuhan gaya hidup atau sekedar memuaskan nafsu semata.

Dikutip dari situs Atur-Duit.com , mempunyai catatan keuangan dapat menjadi alarm atau pengingat untuk Anda agar berpikir ulang sebelum mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Sikap ini wajib diterapkan agar bisa mencegah perilaku konsumtif dan menghamburkan uang untuk hal-hal diluar kebutuhan pokok keluarga.