Mengenal 3 Tim Futsal Terbaik dari Eropa

sepatu-futsal.com – Olahraga futsal bisa dikatakan sebagai salah satu jenis olahraga yang mengalami perkembangan yang sangat cepat. Perkembangan yang cepat ini bukan hanya terjadi di secara global saha melainkan juga mengalami perkembangan pesat di Eropa yang kita kenal sebagai salah satu negara dengan durasi yang panjang ketika bermain futsal.

Bukan hanya negara yang sudah terkenal dengan futsalnya seperti Portugal, Spanyol, Rusia, Italia dan beberapa negara tetangga Eropa lainnya. Kini futsal juga merambah ke negara besar di Eropa seperti Jerman, Perancis dan juga Inggris. Melihat perkembangannya yang sangat signifikan kini futsal tidak hanya dianggap sebagai jenis olahraga tradisional saja, lebih dari itu juga sudah merambah ke berbagai segmen pertandingan di Eropa.

Kenapa Futsal Berkembang Sangat Pesat di Eropa?

Mengenai alasannya kenapa jenis olahraga satu ini mengalami perkembangan yang sangat cepat bahkan juga sangat populer dikarenakan negara-negara besar di Eropa tersebut sangat dominan dengan berbagai permainan sepakbola.

perkembangan futsal di eropa

Apabila diamati lebih detail lagi beberapa negara di Eropa seperti Spanyol, Argentina, Brazil, Italia dan Portugal secara teknis melakukan perkembangan yang lebih halus jika dibandingkan dengan negara Eropa bagian utara. Hal ini dikarenakan mereka mengenakan futsal sebagai pengembangan pemain sepak bola muda yang nantinya menjadi penerus pemain-pemain saat ini. 

Fakta tersebut sangat terkait dengan banyaknya pemain terbaik saat ini yang dahulu mereka merupakan pemain futsal di usia muda. Maradona, Ronaldo, Iniesta, Messi, C.Ronaldo Neymar merupakan jajaran pemain terbaik saat ini yang dahulunya merupakan pemain futsal di usia muda. 

Namun kondisi ini berbeda dengan yang dialami Kroasia. FA milik negara ini terbilang jarang sekali memasukkan futsal dalam tahapan awal pengembangan pemain muda. Namun fakta menunjukkan beberapa pemain terbaik dari Kroasia seperti Luka Modric, Mario Mandzukic dan Marcelo Brozovic dulunya merupakan pemain tingkat lokal serta turnamen lokal sehingga negara kecil seperti Kroasia berhasil meraih medali perak di Piala Dunia 22 tahun terakhir ini. 

Oleh karena itulah tidak mengherankan jika saat ini banyak klub sepakbola Premier League serta Ligue 1 menjalin kerja sama dengan beberapa akademi futsal lokal dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Selain itu mereka juga mendorong banyak pemain muda untuk terus melakukan latihan futsal bersama dengan pemain sepakbola. Hal itu lain tidak lain supaya tim mereka mampu bersaing dengan klub besar lain di Eropa.

Melalui artikel ini akan kita bahas beberapa tim futsal terbaik dari Eropa yang sampai sekarang masih eksis mengikuti liga-liga pertandingan futsal bergengsi.

Baca Juga : 3 Merk Sepatu Futsal Terbaik Asli Buatan Indonesia

3 Tim Futsal Terbaik dari Eropa

Ferencvaros

Klub futsal asal Hungaria satu ini hampir mirip dengan dua klub futsal asal Ceko yaitu Slavia Prague dan Sparta Praha. Ferencvaros merupakan salah satu klub futsal dari Eropa yang sudah ada sejak pra-Perang Dunia II. Bisa dikatakan klub futsal satu ini merupakan klub terbaik karena berhasil meraih dua Piala Mitropa yaitu cikal bakal dari Piala Eropa. 

pada tahun 2007 mereka mulai bersaing di kejuaraan futsal tingkat kedua di Hungaria. Di kejuaraan pertama mereka berhasil menang, namun mengalami degradasi pada musim selanjutnya. Setelah itu Ferencvaros terus melakukan promosi hingga berhasil masuk ke divisi pertama di musim 2015. Namun sayangnya pada tahun 2017 mengalami degradasi lagi. 

Dengan segala kerja keras di tahun 2020 mereka berhasil duduk di peringkat keempat teratas di Hongaria. 

Benfica

Dari Hungaria mari kita beralih ke Portugal. Selain terkenal dengan pemain sepak bolanya, portugal juga memiliki klub futsal yang sukses. Terhitung klub futsalnya sudah berhasil meraih 8 kejuaraan nasional diantaranya 18 piala domestik serta berhasil menang juga di Liga Champions tahun 2010 lalu.

benfica futsal squadUntuk tim futsalnya sendiri, Benfica sudah ada sejak tahun 2001. Terhitung 19 tahun klub futsal ini eksis. Sejak didirikan Futsal Benfica sampai sekarang masih menduduki peringkat sebagai salah satu tim futsal terbaik. Bahkan sampai sekarang masih terus eksis di jajaran peringkat atas dalam berbagai klasemen. 

Sparta Praha 

Sparta Praha bisa dikatakan sebagai salah satu klub futsal terberat di Slavia, Praha. Klub futsal satu ini hadir sejak tahun 2013 yang mana di tahun tersebut mereka membeli lisensi pertama dari klub Torf Pardubice. Dimulai sejak tahun 2013 tersebut mereka terus menerus melakukan kompetisi di Ceko.

sparta praha futsal squad

Tepatnya di tahun 2018 Sparta Praha berhasil menorehkan sejarah dengan berhasil mengalahkan Era Pack Chrudim yang merupakan salah satu klub terbaik di Eropa. Selain itu untuk penampilan debutnya juga bisa dikatakan sangat baik sehingga berhasil mencapai babak Elite. 

Selain sepak bolanya yang terkenal, Eropa juga menyimpan beberapa klub futsal terbaik dan profesional. Dari ketiga klub di atas, kira-kira mana yang paling kalian favoritkan?