Pemanasan yang Baik Sebelum Main Futsal

Bermain futsal tentunya sangat baik untuk kesehatan fisik dan kebugaran tubuh Anda. Namun, jika Anda berolahraga namun tidak melakukan pemanasan, besar kemungkinan Anda mengalami cedera saat di lapangan. Oleh karena itu, penting  untuk meregangkan tubuh agar tidak  cedera saat bermain. Apabila Anda tidak mengetahui cara memulai  peregangan, berikut adalah cara pemanasan yang baik sebelum bermain futsal;

1. Sprint selama 10 hingga 15 Menit

Anda dapat berlari selama 10 sampai 15 menit sebelum bermain futsal untuk menghindari cedera saat bermain. Sprint ataupun joging di lapangan memiliki tujuan untuk meregangkan otot dan menaikkan suhu tubuh. Jadi ketika Anda mulai bermain futsal di lapangan, Anda tidak akan terkejut. Anda bisa jogging di lapangan setidaknya tiga kali. Berlari dengan kecepatan konstan dan tidak begitu cepat. Apabila Anda berlari cepat, tubuh Anda akan  lelah sebelum pertandingan. Sangat disarankan agar Anda pemanasan dengan sprint atau lari cepat dalam jarak beberapa meter, hal ini bertujuan untuk membuat jantung Anda tetap berdetak dengan normal. Ingatlah selalu bahwa tujuan jogging adalah untuk menaikkan suhu tubuh Anda.

2. Melakukan warming up kecil 

Setelah berjalan di lapangan selama sekian menit, Anda dapat melakukan pemanasan kecil. Pemanasan dengan gerakan ringan yang dilakukan sebelum olahraga futsal adalah dengan meregangkan leher, kepala, pinggul, lutut dan kaki. Dengan melakukan gerakan tersebut dapat merilekskan dan melembutkan tubuh untuk menghindari cedera serius pada sendi. Dalam hal kepala, Anda dapat melakukan gerakan ringan. Yang pertama adalah  menggerakkan kepala ke arah depan dan ke belakang. Lalu gunakan tangan Anda untuk menopang dan angkat kepala Anda untuk melihat ke atas. Gerakan ini dilakukan selama beberapa detik. Setelah menggerakkan kepala, lihat ke kiri dan ke kanan  beberapa kali. Putar leher pada sudut 180 derajat guna fleksibilitas yang lebih besar.

3. Melakukan warming up pada Bahu dan Tangan

Jika sudah melakukan beberapa gerakan di kepala. Langkah selanjutnya adalah melakukan pemanasan pada bahu dan tangan. Hal ini dimaksudkan agar tubuh Anda semakin rileks dan lentur saat bermain futsal. Caranya adalah dengan menekuk lengan ke belakang dan meregangkannya. Ulangi operasi pemanasan sebanyak dua kali sebelum futsal. Pemanasan tangan dapat dilakukan dengan menggerakkan lengan ke belakang dua kali. Kemudian letakkan tangan Anda dalam bentuk S, dengan  tangan kanan di atas dan tangan kiri di bawah. Untuk tangan, pegang telapak tangan Anda, putar ke depan, lalu angkat tangan..

4. Melakukan Warming up pada engkel kaki

Kaki merupakan komponen tubuh yang penting dalam permainan futsal. Karena itu, sangat penting untuk menghangatkan pergelangan kaki Anda untuk menghindari keseleo dan cedera serius. Selain itu, dalam permainan futsal, pergelangan kaki memegang peranan utama, terutama pada saat  menendang atau menggiring bola. Engkel kaki juga rentan terhadap cedera yang kuat. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melakukan pemasaran di pergelangan kaki Anda. Miringkan jari-jari kaki Anda ke arah yang berlawanan dan gerakkan pergelangan kaki Anda dalam gerakan melingkar. Sebelum bermain futsal, rileks dan lakukan pemanasan sampai engkel kaki  tidak kaku. 

5. Warming up area betis

Betis, serta pergelangan kaki, adalah area yang menjadi sangat kabur setelah cedera. Pemain futsal biasanya mengalami kram kaki di  tengah permainan futsal. Ini mungkin karena pemanasan yang singkat dan pemanasan yang tidak optimal. Untuk mencegahnya, Anda perlu melakukan warming up futsal dengan benar dan baik. Anda dapat melakukan sedikit gerakan untuk menghindari risiko kram betis  karena terlalu panas. Jogging di tempat selama beberapa menit untuk pemanasan. Atau, Anda dapat bersantai dan berjalan melintasi lapangan futsal. Kaki Anda akan lebih rileks dan lentur sehingga tidak melukai kaki Anda saat bertanding futsal.

6. Warming up area lutut

Saat bergerak dalam futsal, lutut menjadi bagian yang berperan besar dalam permainan futsal. Untuk melakukan ini, Anda perlu melakukan gerakan warming up khusus lutut sebelum bermain futsal. Bagian ini sangat rawan benturan, terutama bagian lutut yang memiliki kemampuan menopang tubuh dengan futsal. Untuk  pemanasan area lutut, letakkan tangan Anda di atas lutut dan gerakkan tubuh Anda ke atas dan ke bawah. Saat istirahat, Anda dapat mengangkat lutut kaki kanan sejajar dengan pinggul dan luruskan hingga menghadap ke depan. Lalu pegang lutut menggunakan kedua tangan dan tarik perlahan ke atas hingga menyentuh dada. Lakukan lagi pada kaki kiri Anda beberapa kali. Anda dapat membuat variasi dengan menekan kaki  ke belakang dan perlahan-lahan mengembalikannya.

Demikianlah cara pemanasan yang baik sebelum bermain futsal. Perlu diingat bahwa Anda harus serius dalam menjalani pemanasan sebelum bermain agar tidak terjadi cidera yang berarti.