Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka di Ajang Piala Asia Futsal 2022

Hasil dari pembagian grup di Ajang Piala Asia Futsal (AFF Futsal Championship) tahun 2022 telah membuat timnas Futsal Indonesia telah masuk di grup neraka. Tuan Rumah dari pagelaran Ajang Piala Asia Futsal 2022 yang telah digelar pada 3 hingga 12 Maret ini adalah negara Thailand yang berlokasi di Krung Thep Maha Nakhon dan bertempat di Huamark Indoor Stadium.

Berdasarkan dari hasil drawing atau pembagian di Ajang Piala Asia ini , timnas futsal Indonesia kita satu grup dengan negara Thailand dan negara Malaysia. Negara Thailand nyatanya menjadi lawan yang sangat berat untuk timnas futsal Indonesia dikarenakan timnas futsal Thailand merupakan timnas futsal yang telah menjadi juara bertahan.

Saat Ini Timnas Thailand Memiliki Gelar Juara Terbanyak

Tidak hanya telah menyandang titel sebagai juara bertahan. Timnas futsal Thailand nyatanya juga telah menjadi timnas futsal dengan juara paling banyak di Ajang Piala Asia. Telah diketahui dari Ajang Piala Asia yang telah digelar mulai tahun 2011 hingga saat ini, timnas futsal Thailand ternyata telah menjuarai ajang ini sebanyak 15 kali juara.

Sedangkan dibandingkan dengan timnas futsal Indonesia, hingga saat ini baru 1 kali menjuarai di Ajang Piala Asia tersebut.

Selain timnas futsal Thailand, timnas futsal Indonesia tentu saja akan melawan timnas negara tetangga yang sekaligus merupakan rival yaitu negara Malaysia. 

Ajang Piala Asia Futsal yang telah digelar di negara Thailand ini telah diikuti oleh 9 negara yang terdapat di Asia Tenggara. Hal ini menyebabkan drawing dari Ajang Piala Asia futsal ini hanya terdiri dari 2 grup yaitu grup A serta grup B.

Hasil dari pembagian atau drawing tersebut, diketahui sebagai berikut :

Grup A

  • Brunei Darussalam,
  • Kamboja,
  • Indonesia,
  • Malaysia, dan
  • Thailand.

Grup B

  • Australia,
  • Myanmar,
  • Timor Leste, dan
  • Vietnam

Sebagai informasi, telah dipastikan akan lolosnya ke turnamen AFC untuk juara 1 hingga 3 di Ajang Piala Asia Futsal ini. Namun demikian, sampai saat ini telah dapat dilihat bahwa timnas futsal Indonesia belum menunjuk untuk pelatih mereka.

Timnas Indonesia Masuk Grup Neraka di Ajang Piala Asia Futsal 2022

Timnas futsal Indonesia telah memastikan tempat yang terdapat di putaran final di Ajang Piala Asia Futsal setelah menjadi juara 4 di piala AFF. Turnamen yang telah digelar di Thailand lalu memang telah merangkap untuk kualifikasi Piala Asia Futsal. Dimana 3 terbaik di Piala AFF berhak langsung masuk ke putaran Piala Asia Futsal.

Tiga zona dari Asia Tenggara akhirnya menjadi kepunyaan timnas futsal Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Namun sangat disayangkan bahwa timnas futsal Indonesia dapat terancam tidak dapat masuk ke dalam grup neraka dikarenakan telah berada di posisi ke empat atau bisa dikatakan sebagai unggulan terakhir.

Beberapa Timnas Lainnya

Selain dari timnas futsal Indonesia, tim lain yang juga berada di pot 4 yaitu Timnas futsal Oman, timnas futsal Arab Saudi, dan timnas futsal Turkmenistan dan artinya bahwa timnas futsal Indonesia telah mempunyai peluang untuk berada di dalam 1 grup beserta tim kuat seperti timnas futsal Iran dan timnas futsal Jepang yang berada di Pot 1.

Bahkan, diketahui bawah timnas futsal besutan dari Mohammad Hashemzadeh tersebut juga dapat berada di 1 grup dengan 2 wakil dari timnas futsal Asia Tenggara lain. pasalanya, timnas futsal Vietnam telah berada di Pot kedua, sedangkan untuk timnas futsal Thailand yang telah menjadi raja Futsal dari Asia Tenggara telah menempati Pot Tiga.

Adapun dalam pembagian Pot telah dinilai yang didasarkan dari hasil tim para peserta di Piala Asia Futsal di edisi terakhir yang telah digelar pada tahun 2018. Berikut pembagian Pot di Ajang Piala Asia Futsal tahun 2018 :

Pot 1 : Iran, Jepang, Kuwait, serta Uzbekistan.

Pot 2 : Bahrain, Irak, Libanon, serta Vietnam.

Pot 3 : Korea Selatan, Thailand, Tajikistan, serta Taiwan.

Pot 4 : Arab Saudi, Indonesia, Oman, serta Turkmenistan.

Berdasarkan data yang telah dirilis oleh AFC, pengundian di Ajang Piala Asia Futsal tahun 2022 akan digelar di negara Malaysia yang bertepat di Kuala Lumpur pada hari kamis tanggal 26 Mei 2022.

Nantinya, dari 16 timnas futsal yang berpartisipasi akan dilakukan pembagian kedalam 4 grup yang telah terdiri dari empat tim yang didasarkan sesuai dengan Pot yang sebelumnya telah ditentukan.

Adapun untuk putaran final ajang Piala Asia Futsal tahun 2022 akan digelar di negara Kuwait pada tanggal 25 september hingga tanggal 20 oktober tahun 2022. Status untuk akan juara bertahan untuk saat ini telah dipunyai oleh timnas futsal Iran dimana hasil kemenangan itu didapat pada ajang Piala Asia Futsal yang digelar di Taiwan tahun 2018 lalu.