Tips Hemat Belanja Perlengkapan Futsal

sepatu-futsal.com – Futsal kini menjadi olahraga yang popular di Indonesia mengalahkan sepakbola. Hal ini tidak lain karena kemudahan bermain olahraga dalam ruang ini dengan menjamurnya bisnis lapangan futsal dengan biaya sewa yang terjangkau. Selain itu, jumlah pemain yang tidak terlalu banyak memudahkan kordinasi antar pemain di mana di antaranya adalah para pekerja kantoran.

Bagi Anda yang menyukai olahraga ini dan mulai aktif bermain, harus menyiapkan beberapa perlengkapan yang akan menunjang permainan Anda. Namun sayangnya, beberapa perlengkapan futsal dibanderol dengan harga yang lumayan. Ada baiknya Anda menyimak tips-tips di bawah untuk berbelanja hemat perlengkapan futsal :

  1. Sepatu Futsal

Di antara berbagai perlengkapan futsal, sepatu menjadi fokus perhatian. Dibutuhkan sepatu futsal yang nyaman dan berkualitas agar permainan Anda menjadi maksimal. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan dulu bentuk kaki sebelum membeli sepatu agar pas dan sesuai. Begini caranya:

  • Tipe Normal: beban tubuh Anda bertumpu pada tengah kaki. Sepatu yang cocok untuk kaki tipe ini adalah sepatu yang lentur sehingga pergerakan kaki lebih lincah.
  • Tipe Rata/Flat: pada tipe ini beban tubuh justru bertumpu pada bagian dalam kaki. Gunakan sepatu yang mempunyai bantalan di bagian tengah sepatu.

sepatu futsal ortus

  • Tipe Supination: beban tubuh bertumpu pada bagian luar kaki sehingga cocok dengan sepatu yang mempunyai sol atau bantalan di bagian depan kaki untuk menjadikan tumpuan lebih seimbang.

Setelah mengetahu tipe kaki, kenali juga tipe sepatu yang cocok untuk kaki Anda agar tidak mubazir membelinya, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Ukuran Sepatu

Gunakan sepatu yang tepat ukurannya. Ukuran terlalu besar membuat Anda sulit bergerak lincah dan berpotensi terlepas yang bisa melukai orang lain. Sepatu terlalu kecil dapat menciderai kaki sehingga membuat permainan Anda tidak maksimal.

  • Bahan Sepatu

Ada beberapa bahan sepatu yang digunakan untuk sepatu futsal. Pilih bahan yang nyaman dengan sol yang terbuat dari karet untuk melindungi kaki Anda.

Baca Juga : Peraturan yang Ada Dalam Permainan Futsal

  • Berat

Sepatu yang baik memiliki bobot yang ideal, yaitu tidak terlalu berat dan juga tidak ringan. Dengan ukuran rata-rata 200 gram. Pilih sepatu dengan berat yang mampu diterima oleh kaki Anda.

  • Harga

Anda bisa memilih produk lokal dengan harga terjangkau dan kualitas baik. Sehingga Anda bisa lebih berhemat dalam membeli perlengkapan futsal. Sepatu futsal buatan dalam negeri kualitasnya sebanding dengan merk luar. Silakan Anda bandingkan.

Dengan tips- tips di atas, sebaiknya pembelian sepatu langsung di outlet bukan via online. Karena pemilihan sepatu yang tepat hanya bisa dilakukan dengan mencobanya langsung.

 

  1. Kaus Kaki

Disarankan menggunakan kaus kaki yang panjang sehingga memudahkan pemasangan dekker nantinya. Manfaat utama kaus kaki adalah menyerap keringat dan melindungi kaki dari lecet akibat gesekan dengan kaki yang dapat menyebabkan infeksi.

kaus kaki futsal

Untuk kaos kaki, Anda tidak perlu mempunyai stok banyak. Cukup punya 2 pasang yang langsung dicuci setelah bermain. Sehingga Anda bisa berhemat di pos ini.

 

  1. Shin Pad alias Dekker

Dekker sangat bermanfaat untuk melindungi tulang kering kaki dari benturan yang mungkin terjadi. Gunakan dekker di dalam kaus kaki agar lebih nyaman bergerak. Sesuaikan ukuran dekker dengan tinggi Anda di mana sebaiknya ukuran dekker dipasang minimal 5 cm tepat di bawah lutut. Sehingga panjang dekker disesuaikan dengan panjang area di bawah lutut hingga pergelangan kaki Anda.

Karena fungsinya sebagai perlindungan, sisihkan dana untuk membeli dekker ini. Anda bisa membeli dekker ini di toko online yang kredibel atau langsung ke toko olahraga. Harga dekker di bawah 100 ribuan sehingga masih cukup terjangkau.

 

  1. Jersey dan Celana Futsal

Jersey dan celana futsal menjadi perlengkapan yang mencirikan tim Anda. Cari bahan yang tepat untuk digunakan yang biasanya berbahan kaus ringan, sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik yang memberi rasa nyaman selama digunakan. Beberapa jenis bahan yang bisa Anda pertimbangkan adalah dry-fit, paragon, wafer, hyget salur maupun hyget serena.

jersey dan celana futsal

Untuk bisa menghemat budget pembelian jesey dan celananya, biasanya tiap tim membeli langsung ke toko olahraga dengan jumlah grosir. Kemudian kaos tersebut disablon sesuai dengan identitas tim. Untuk bisa mendapatkan lebih murah, Anda bisa mencari tim lain untuk bergabung membeli kaos jersey yang berkualitas dengan harga grosir.

 

Selain perlengkapan di atas, jangan lupa membawa perlengkapan di bawah ini sebagai alat pelindung tambahan untuk menjaga kesehatan Anda.

  1. JockstrapĀ 

Alat ini berfungsi untuk menjaga keamanan alat vital Anda. Jika Anda mengkhawatirkan benturan dengan bola maupun dengan sesama pemain lainnya, siapkan selalu jockstrap di tas perlengkapan Anda. Bahannya yang terbuat dari karet pelindung mampu melindungi setiap benturan yang terjadi di area bagian vital.

Jockstrap banyak dijual di toko online dnegan harga bervariasi mulai dari lima puluh ribuan. Pilih bahan yang nyaman dan lentur agar bisa melindungi dengan sempurna.

  1. Pakaian GantiĀ 

Siapkan selalu pakaian ganti. Untuk menghindari keluhan pada kulit, sediakan selalu pakaian ganti manakala Anda selesai bermain. Walaupun Anda tidak membersihkan diri di stadion futsal, namun mengganti kaos yang penuh keringat dapat mencegah iritasi kulit dan mengurangi rasa dingin yang ditimbulkan akibat keringat yang mengering.

  1. Peralatan Medis

Olahraga ini dikenal intens dan bertensi tinggi. Dengan waktu permainan yang singkat, setiap tim harus bergerak cepat agar bisa mencetak gol. Dengan demikian rentan terjadi benturan ataupun cedera lainnya.

Siapkan selalu peralatan medis yang dibutuhkan seperti salep jika terjadi benturan, obat luka lengkap dengan alcohol maupun multivitamin untuk meningkatkan stamina sebelum pertandingan.