Tips Selalu Terhidrasi Saat Main Futsal

Melakukan aktivitas fisik seringkali membuat tubuh mudah berkeringat, cepat merasa haus dan bahkan jadi dehidrasi. Dehidrasi adalah hal yang harus kamu jauhi saat sedang olahraga apalagi futsal yang membutuhkan banyak kemampuan fisik.

Alasannya adalah dehidrasi yang ringan saja sudah bisa membuat kamu mengalami kekurangan performa fisik dan kurangnya fungsi otak. Apalagi saat bermain futsal hal utama selain kemampuan fisik yang mumpuni, kamu juga memerlukan daya pikir yang kritis dan cermat agar bisa menang pertandingan.

Jika sampai dehidrasi saat futsal, tentu itu hanya akan merugikan kamu dan tim kamu sendiri. Maka dari itu, perhatikan betapa pentingnya menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, khususnya saat sedang menjalankan aktivitas fisik, itu semua agar kadar hidrasi dalam tubuh tetap ada keseimbangan.

Tentunya sebagai pemain sepak bola atau dalam pertandingan futsal, kamu harus pandai mengatur waktu kapan dan berapa takaran yang pas untuk minum air. Karena semua akan berpengaruh terhadap performa kamu di lapangan.

Rekomendasi Kapan Waktu yang Cocok Minum Air Saat Futsal

Memang saat bertanding kamu akan mengeluarkan keringat yang tidak sedikit, maka dari itu, sebaiknya minum air dan sesuaikan dengan kebutuhan hydro agar tetap terhidrasi. Tentu tidak boleh kelebihan apalagi kekurangan.

Supaya kamu bisa lebih jelas,berikut ini merupakan cara yang bisa kamu ikuti dengan mudah kapan kira-kira waktu yang cocok untuk minum air saat kamu sedang dalam pertandingan futsal. Simak yuk!

Sebelum Pertandingan Futsal

Tidak sedikit dari pemain futsal yang datang untuk pertandingan sudah dalam keadaan yang dehidrasi. Bahkan alasan yang diungkapkan yakni karena pemain-pemain futsal tersebut tidak sempat untuk makan dan minum sebelum datang.

Tentu sudah bisa dipastikan, mereka akan dehidrasi apalagi sampai kurang minum. Jika sudah begitu, maka tidak jarang yang merasa kekurangan air minum tersebut akan sering minum air jika dibandingkan dari para pemain futsal yang merasa sudah terhidrasi dengan cukup. Maka dari itu, bisa dibilang, pemain yang sedang dehidrasi akan kekurangan daya fokus yang bisa menyebabkan performa permainan akan berkurang. 

Pada umumnya, latihan atau pertandingan futsal pasti berada di sebuah lapangan bola dengan cuaca yang panas. Jika sedang dalam suhu atau cuaca yang panas usahakan untuk meminum air mineral kurang lebih sebanyak 500 ML atau dua gelas. 

Minum dua gelas air mineral tersebut dalam waktu 60 sampai dengan 90 menit saat sebelum permainan dimulai. Jika begitu maka pemain akan tetap memiliki waktu luang untuk membuang air kecil dengan mudah, jadi apabila itu terjadi saat permainan/pertandingan dimulai maka hanya akan mengganggu fokus dan waktu.

Ketika Sedang Pertandingan

Selanjutnya pada saat sedang dalam pertandingan futsal. Mungkin tidak jarang kamu mengetahui ada saran yang diminta untuk pemain bisa minum air ketika pertandingan sedang berlangsung. Tetapi, perlu kamu ingat dengan baik, bahwa ternyata waktu dan kesempatan yang diberikan kepada pemain untuk minum tidaklah banyak.

Kesempatan untuk minum air yang bisa kamu dapatkan saat menjelang pertandingan futsal adalah saat dalam pemanasan, menit-menit sebelum adanya kick-off, dan juga half-time. Nah, usahakan pada waktu-waktu itu kamu bisa menyempatkan diri untuk minum dan menggunakan kesempatan yang ada.

Selain itu, bisa juga ada kesempatan untuk minum saat sedang ada hal yang tidak terduga dalam lapangan pertandingan, Sebagai contoh saat sedang ada pemain yang sedang cedera. Kamu harus cermat dan bisa memanfaatkan momen untuk minum air agar tidak mudah dehidrasi.

Ketika Sedang Latihan

Ketika kamu sedang latihan tentu juga harus pintar mengatur waktu yang tepat untuk minum air mineral dan supaya tubuh kamu tetap terhidrasi. Perlu diingat bahwa ketika kamu sedang dalam masa latihan maka pelatihan akan mengatur semua pemain.

Pelatih yang baik tentunya akan pandai mengatur jalannya latihan dan bisa memastikan supaya tetap memiliki waktu yang cocok untuk minum air saat sedang ada jeda waktu latihan. Semua juga tergantung dari intensitas bagaimana latihannya dan tergantung dari cuaca di lapangan.

Usahakan ketika cuaca sedang dalam kondisi yang sangat panas untuk latihan di awal waktu atau tidak di akhir waktu sekalian. Alasannya supaya pemain tidak mudah kehausan dan energi yang dikeluarkan juga tidak banyak saat cuaca sedang panas.

Usai Pertandingan & Latihan Futsal

Idealnya kamu harus minum air mineral secukupnya setelah usai latihan atau dalam arena pertandingan. Setidaknya kamu harus minum air mineral kurang lebih sebanyak 1,2 sampai dengan 1,5 liter jika per kilogram dari berat badan kamu yang sudah berkurang usai berolahraga. 

Perlu kamu ketahui bahwa, cairan tubuh kamu yang sudah hilang tersebut tidak hanya bagian airnya saja tetapi ada juga kandungan garam (elektrolit). Selain minum air mineral kamu juga boleh minum air yang memiliki kandungan natrium agar cairan tubuh kamu tetap kembali normal sehingga badan tidak dehidrasi.