Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Sepatu Futsal

Hal umum yang harus diketahui bahwa olahraga futsal saat ini telah menjadikannya salah satu dari cabang olahraga yang paling popular di dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Maka dari itu tidak mengherankan kalau di berbagai wilayah kota yang terdapat di Indonesia, saat ini banyak dan menjamurnya toko-toko perlengkapan olahraga khususnya peralatan futsal dan tidak ketinggalan dengan sepatunya.

Bahkan, dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini yang semakin memudahkan untuk kamu penggila sepatu futsal untuk membeli dari rumah. Walaupun zaman yang semakin maju dan tentunya memudahkan, namun kamu perlu memperhatikan beberapa hal-hal yang mendasar sebelum kamu membeli sepasang sepatu futsal agar nantinya tepat seperti yang kamu harapkan.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli sepatu futsal

  • Anggaran atau Budget

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli sepatu futsal tentunya harus melihat anggaran atau budget ataupun biaya yang telah kamu sediakan untuk berbelanja sepatu futsal tersebut. Kamu harus dapat menyesuaikan sepatu futsal keinginanmu dengan anggaran yang telah kamu budgetkan.

Walaupun begitu, jangan sampai tergoda dengan tawaran harga sepatu futsal yang murah. Karena biasanya dengan harga murah tersebut, kualitas yang akan kamu dapatkan juga kurang bagus.

Apabila didalam anggaran yang sudah kamu sediakan ternyata tidak cukup untuk membeli sepasang sepatu futsal yang original dari merk atau brand buatan luar negeri, kamu tidak perlu merasa ragu untuk membeli sepasang sepatu futsal yang original dari merk atau brand produksi lokal.

Sepatu futsal yang diproduksi dalam negeri tentunya tidak kalah bagus kualitasnya dibandingkan dengan brand luar negeri. Kualitasnya pun semakin diakui dan dapat menunjang performa di setiap pemainnya dan pemakainya.

  • Sesuaikan sepatu dengan bentuk kaki

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan memilih sepasang sepatu futsal yang telah sesuai dengan bentuk kakimu. Hal tersebut sangat penting karena nantinya itu mempengaruhi kenyamanan dalam memakainya.

Kamu harus mengetahui bawah ada 2 macam bentuk kaki. Yaitu Lebar (Wide Fit) dan Langsing (Slim Fit). Salah satu cara untuk dapat melihat bentuk kakimu adalah dengan membasahi kaki kemudian tapakkan kepada selembar kertas. Nah, jejak kaki yang terdapat di kertas itulah yang dapat menjadi petunjukmu mengenai bentuk kaki yang kita cari.

  • Bahan sepatu

Pada umumnya, sepasang sepatu futsal telah diproduksi dengan bahan imitasi, kain, karbon, dan kulit. Melalui empat bahan tersebut, ternyata bahan terbaik dan tentunya paling sering dipakai adalah serat karbon.

Bahan dari serat karbon ternyata mempunyai keunggulan utama dalam hal kekuatan sehingga beban yang dihasilkan menjadi ringan sehingga tentunya menjadi nyaman untuk dipakai berlari dan tentunya akan lebih awet.

Selain itu juga, bahan dari serat karbon telah membuat si pemakai merasakan kenyamanan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan bahan sepatu futsal yang lain.

Adapun bahan yang harus kamu perlu perhatikan dan hindari jika memilih sepatu futsal adalah bahan imitasi. Bahan imitasi terbukti tidak awet dan si pemakainya pun tidak akan nyaman jika memakai sepatu futsal berbahan imitasi tersebut.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Sepatu Futsal

  • Tentukan ukuran

Tentunya semua orang dan termasuk kamu sendiri pun tahu akan ukuran sepatu futsal yang pas untuk dirimu masing-masing. Khusus untuk sepatu futsal, kamu tidak dianjurkan untuk memilih sepatu futsal dengan ukuran yang sesuai dan pas seperti yang kamu lakukan jika membeli sepatu biasa.

Pilihlah sepasang sepatu futsal dengan menggunakan ukuran yang 1 cm lebih besar dari ukuran sebenarnya. Kelonggaran yang didapat dalam memakai sepatu futsal tersebut akan membuat lebih nyaman di kaki sehingga kamu dapat bergerak dengan maksimal.

  • Perhatikan tipe indoor atau turf

Sepatu dengan tipe-tipe indoor atau turf tentunya akan banyak dikenakan pada saat bermain di lapangan indoor atau turf. Hal ini dikarenakan sepatu tipe indoor atau turf tersebut akan kurang nyaman dipakai jika dikenakan di lapangan outdoor.

Sementara dengan tipe turf atau indoor akan lebih nyaman digunakannya di tipe lapangan taraflex, lapangan semen, hingga lapangan indoor vinyl.

  • Sol

Jenis sol yang terdapat di sepatu futsal dan digunakan untuk bermain di lapangan dengan rumput sintetis tentunya berbeda dengan jenis akan sol sepatu yang digunakan pada umumnya.

Apabila kamu bermain di lapangan dengan rumput sintetis, kamu dapat memilih sepatu futsal yang menggunakan sol yang mempunyai tonjolan. Bahan dari sol sepatu futsal yang selalu digunakan di lapangan dengan rumput sintetis tentunya harus sedikit lebih keras supaya dapat mencengkeram lebih baik.

  • Jahitan

Sepatu futsal yang bagus tentunya mempunyai pelapis untuk telapak kaki yang lembut, kuat, dan tentunya mempunyai daya serap yang bagus terhadap keringat. Terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah mengenai kualitas dari jahitan sepatu futsal. Jahitan yang kuat dan rapi tentunya menjadi penentu akan kualitas dari sepatu futsal.